Setelah Beberapa Bulan Tutup, Masjid Baitunnur Pati Hari ini Gelar Sholat Jumat

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Agung Baitunnur Pati (MABP) pada hari Jumat (5/6) hari ini, dibuka kembali setelah sejak 27 Maret lalu ditutup lantaran Covid-19. Hal ini dalam rangka menyambut era kenormalan baru atau new normal yang telah diwacanakan oleh pemerintah.

“Pelaksanaan sholat Jumat hari ini, sebelumnya dengan meminta pendapat dengan yang berkompeten dan yang berwenang,” ujar Ketua Takmir Masjid Nur Aris kepada Saminnews, Jumat (5/6/2020).

Kendati begitu sebenarnya, kata Nur Aris, Sebenarnya tidak pernah ditutup, tetap buka khusus pintu samping selatan, dan tetap ada jamaah tapi khusus internal dan warga sekitar saja. Diperuntukkan bagi warga sekitar masjid setempat.

Pihaknya juga membenarkan bahwa sudah disepakati bersama antara pihak dewan takmir Masjid dengan stakeholder setempat. “Iya betul. Hasil rapat koordinasi Takmir dengan Gugus Tugas Covid19 Pati, MUI Pati, Polres, Polsek,” keterangannya.

Pembatasan jamaah ini bertujuan agar physical distancing atau jaga jarak antar jamaah tercipta. Sehingga diharapkan dapat memutus rantai penyebaran virus corona.

Selain itu, ketika pelaksanaan sholat Jumat dengan menerapkan standar protokoler kesehatan yang berlaku. Dengan menyediakan cuci tangan yang ditaruh dipintu masuk bagi tiap-tiap pengunjung.

Dan sebelum diperkenankan masuk oleh petugas Masjid, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Hal ini demi mengukur suhu badan apakah yang bersangkutan sehat atau ada indikasi dari panas tubuh.

Penjagaan ketat dilakukan dengan dibantu oleh kepolisian Pati. Untuk berjaga dipintu masuk, serta memberikan keamanan dan ketertiban di lingkungan masjid Baitunnur Pati.

“Selain itu, para jammah juga diwajib memakai masker. “Cuci tangan,diukur suhu, shof 1.5 meter (jaga jarak), tidak bersalaman atau kontak fisik dan materi khotbah dipersingkat. Selesai jamaah Jumat langsung pulang,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemdes Ngarus Salurkan BLT DD Tahap I Sebanyak 79 KPM
Next post E-Koran Samin News Edisi 5 Juni 2020
Social profiles