Kepala Satpol PP Sebut Sebagian Masyarakat Masih Belum Sadar Penerapan Protokol Kesehatan

    0
    30
    Alun alun simpang lima pati.

    SAMIN-NEWS.com, PATI – Kesadaran masyarakat dalam pencegahan penularan virus corona harus lebih ditingkatkan lagi. Memasuki era New Normal, menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun harus terus digencarkan. Itu semua harus dilakukan atas kesadaran masyarakat sendiri agar terhindar dari Covid-19.

    “Kita melakukan hal ini (protokol kesehatan) dengan kesadaran pribadi masing-masing. Tak ada unsur instruksi dari tempat kerja maupun pemerintah. Karena memang masyarakat sadar dan butuh akan hal tersebut demi menekan covid-19,” ujar Kepala Satpol PP Pati Hadi Santosa di Posko Covid Alun-alun kepada Saminnews, Kamis (18/6/2020).

    Karena, lanjut Hadi, sebagian masyarakat masih ada yang belum menaati protokol kesehatan itu. Misalnya saja di ruang publik dalam segerombol orang, ada yang pakai masker dan juga sebaliknya. Karena ini merupakan kesadaran di tengah masyarakat yang perlu ditingkatkan lagi.

    Kesadaran masyarakat dalam menaati protokoler kesehatan, kurang lebih persentasinya antara separuh dengan separuh. “kalau kita nilai di tengah masyarakat itu ada 50-50. Yakni tingkat kesadaran mereka sebanding antara yang sudah menerapkan prilaku protokol kesehatan terhadap masyarakat yang belum patuh,” terang Hadi.

    Oleh sebab itu, sosialisasi kepada masyarakat terus menerus digalakkan supaya masyarakat benar-benar butuh akan hal itu. Dan memang, faktor butuh atau bukan, setidaknya pada ranah ruang publik tetap menggunakan masker sebagai salah satu menjaga tubuh agar tak terpapar virus. Dan memang tidak bisa dijamin, tetapi alangkah indahnya ketika saling berusaha.

    Rencananya sendiri, mulai hari Kamis ini pihaknya membuka posko corona di alun-alun. Guna mensosialisasikan protokol kesehatan untuk masyarakat umum.

    “Mulai hari ini, SATPOL PP membuka posko covid di sini (alun-alun) untuk upaya sosialisasi. Karena kesadaran masyarakat belum sepenuhnya mau. Dan juga sebagai tempat transit anggota pada saat usai bertugas di lapangan,” tutupnya.