Pengambilan BST Tahap II, Tersisa Sebanyak 7.117 KPM

0
42
Tempat pengambilan BST tahah II di Kantor pos pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sudah ada 2 (dua) gelombang penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dicairkan oleh Kantor Pos Pati sebagai tempat yang ditunjuk oleh pemerintah dalam menanganinya. Meski demikian, masih ada beberapa calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum mengambil kemanfaatan bantuan itu.

“Hingga kini, Kantor Pos Pati sudah menyalurkan 2 gelombang BST. Tapi, mereka banyak juga jumlahnya yang belum mengambil bantuan di sini,” kata Ketua Satgas BST Kantor Pos Pati Adhi Kuspramono saat dikonfirmasi Saminnews.

Adhi menambahkan, Laporan Pembayaran BST Kabupaten Pati tahun 2020 data per 16 Juni kemarin pada gelombang II sebanyak 7.117 ribu KPM yang belum mengambil. Untuk alokasinya sendiri untuk warga Kabupaten Pati mendapat jumlah 25.488 KPM.

Sisa sebanyak itu, didapatkan dari tingkat bawah yakni pada tingkat masing-masing kecamatan di Pati. “Jumlah itu kami dapatkan dari masing-masing kecamatan. Artinya, kami rangkum semua data, mulai yang mengambil, sisanya, alokasinya hingga pencapaian,” terang Adhi.

“Bahkan ada yang kurang sedikit 50 persen, KPM belum mengambil. Antara yang mengambil dan belum hampir setengahnya. Yakni sebanyak 55,35 persen pencapaian atau KPM yang sudah mencairkan,” lanjutnya berdasarkan data Laporan Pembayaran BST tersebut.

Padahal, program bantuan itu merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya konsumsi bagi masyarakat. Atau memberikan jaring pengaman sosial (JPS) lantaran dampak yang ditimbulkan oleh covid-19. Dengan begitu, diharapkan segera diambil kemanfaatan kepada masyarakat.