Unit Damkar Sudah Siaga di Juwana, Tayu, dan Kayen

0
112

SAMIN-NEWS.comĀ  PATI (SN) – Sebagaimana dijanjikan Kasat Pol PP Kabupaten Pati, Hadi Santoso, bahwa hari ini, Minggu (17/5) atau sepekan menjelang Lebaran, unit pemadam kebakaran (Damkar) yang biasa siaga di posnya, di Pati, ada yang harus digeser ke bebarapa lokasi. Yakni, masing-masing ke Juwana, Tayu, dan Kayen dengan personel yang akan bertugas secara bergilir dalam waktu 1 x 24 jam.

Akan tetepi, jika dalam rentang waktu tersebut bisa ditempatkan personel yang bertugas sebanyak 9 orang untuk saat ini terpaksa tiap-tiap giliran waktu hanya dua orang. Sebab, dari 6 orang dibagi bergilir tiga kali dalam waktu 1 x 24 jam, yaitu satu orang pengemudi dan satu orang operator pompa air sekaligus penyempropotnya bila terjadi kondisi darurat.

Dengan kata lain, khasus yang disebut terakhir itu biasanya saat harus menyemprotkan air yang cukup kuat itu warga di lokasi kejadian beramai-ramai ikut membantu. Karena itu, tugas satu unit Damkar dengan dua awak hal tersebut dipertimbangkan tidak ada masalah, hal itu mengingat personel lain harus bertugas pula di Tayu, dan Kayen.

Untuk unit Damkar yang di Kayen dengan tanki kapasitas isi 5.000 liter, dan yang di Juwana maupun Tayu, masing-masing tanki dengan kapasitas 3.000 liter. Terlepas dari berapa kapisitas air di masing-masing tanki, tapi disiapkankan tiga unit Damkar di tiga lokasi maka bila terjadi kondisi darurat bisa cepat dicegah dan diatasi, tapi hal itu jangan membuat masyarakat abai terhadap upaya kesiapsiagaannya dalam mencegah terjadinya kebakaran.(Foto:SN/aed)