SMA N 1 Pati Siapkan Web Informasi Kelulusan Siswa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pada hari Sabtu tanggal 2 Mei ini pengumuman kelulusan SMA dan sederajat dilakukan secara dalam jaringan (daring/online). Pihak masing-masing sekolah SMA yang akan mengumumkan kelulusan siswa. Hal ini dimaksudkan karena menghindari kerumunan massa di lokasi sekolahan pada saat masa pandemi corona virus (covid-19).

Menanggapi faktor tersebut, sekolah harus siap menyediakan segala instrumen yang akan digunakan sebagai alat media penyampaian pengumuman kelulusan. Instansi sekolah sma dan sederajat dengan menyediakan alamat tujuan (laman web) yang jelas agar bisa diketahui dan dijangkau oleh masing-masing siswa untuk menilik hasil proses belajar selama masa belajar. Sebagai penentuan lulus atau tidaknya seorang siswa, oleh karena itu tentu jika mengalami masalah saat login ke web tujuan, juga membuat kepanikan tersendiri.

Sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sejak awal oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) jatuh pada hari Sabtu (2/5) ini yang sekaligus juga Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). SMA Negeri 1 Pati sudah menyediakan laman web tujuan untuk bisa diakses siswa guna mengetahui hari kelulusan selama perjalanan menempuh pendidikan bangku sekolah menengah atas.

“Kepada siswa-siswi kelas XII SMA N 1 Pati bahwa pengumuman kelulusan bisa dibuka/dilihat pada hari ini Sabtu tanggal 2 Mei 2020 pukul 17.00 wib pada laman/alamat: ‘kelulusan.smansapati.sch.id’,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pati, Kaslan kepada Saminnews, Sabtu (2/5/2020).

Untuk bisa masuk ke laman yang sudah dipersiapkan itu, kata dia, para siswa terlebih dahulu mengisi nomor induk siswa nasional (NISN) supaya bisa login. Penggunaan NISN dan pasword siswa untuk menilik kelulusan ini, sama  dengan pasword yang dipakai saat mengecek snmptn lalu.

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Kepsek SMA Negeri 1 Pati kepada siswa, pihaknya meminta agar anak didiknya tak melakukan hal-hal yang tak bermanfaat misalnya dengan pesta euforia dijalankan dengan konvoi bersama. “Mohon tidak mengadakan perayaan berlebihan seperti konvoi atau kegiatan lain yang tidak perlu,” harapnya pada siswa.

Bukan tanpa suatu alasan yang mendasar pihaknya berharap demikian, pasalnya kondisi saat ini yang tidak seperti biasa yaitu dalam menghadapi pencegahan penularan covid-19 sehingga untuk mengurangi pergerakan siswa dan guru maka pengumuman kelulusan di laksanakan secara daring. Apalagi ada pesta kelulusan dengan konvoi bersama dijalanan yang menimbulkan kerumunan massa. Selebihnya juga tetap menjaga keamanan ketertiban di jalanan dari gerombolan.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pembuktian Verifikasi dan Kualifikasi Gunakan Sistem Videoconferens
Next post Hari Pendidikan dan Nasib Anak di Tengah Pandemi
Social profiles