Ceceran batu pecah dan Tebaran Debu

0
48

SAMIN-NEWS.comĀ  PATI (SN) – Siapa pun jika sadar bahwa jalan raya adalah hak publik tentu tidak akan menganggap, dia yang paling berhak atas akses ruas jalan itu meskipu lokasinya berada tepat di depan rumah atau tempat usahanya. Hal itu sama saja akses ruas jalan raya di depan sebuah perusahaan beton ready mix (beton siap pakai), di pinggir jalan raya Pati-Juwana KM 9 masuk Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Pati.

Kondisi tercecernya batu pecah campuran beton tersebut tiap hari bisa dipastikan terjadi di jalan depan perusahaan itu, terutama bila ada order dari pengguna material tersebut ke perusahaan yang bersangkutan, baik menuju ke arah timur (Juwana) maupun ke barat (Pati). Faktor penyebabnya, karena ada bagian untuk mengeluarkan/talang dari beton itu yang tercecer, sehingga tepat saat kendaraan pengangkut itu belok hendak masuk maupunĀ  keluar maka tercecerlah sisa-sisa meterial beton ready mix itu.

Akibatnya bisa dipastikan, selain batu pecah yang merupakan unsur dari campuran meterial beton tersebut tercecer berserakan, sehingga hal itu sangat membahayakan bagi para pengguna jalan yang berkendara motor. Sebab, jika dari arah berlawanan atau dari arah sama tengah melintas kendaraan lain dengan kecepatan tinggi, material beton dari batu pecah yang tergilas roda kendaraan tersebut kadang-kadang melinting secara liar.

Jika lentingan batu tajam tersebut mengenai bagian muka pengendara motor, terutama yang tidak memakai helem berpenutup sudah pasti luka cukup parah tak bisa diihindari. Di sisi lain, untuk komponen campuran beton lainnya seperti semen dan pasir, bila terkena terik matahari pasti menjadi kering, dan lebih para lagi bila ada kendaraan lewat material itu berterbangan karena sudah berubah menjadi debu.(Foto:SN/aed)