Menata Lahan Untuk Areal Lokasi Penunjang Kolam Tambat Kapal

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dicapainya kesepahaman dalam ”contract change order (CCO)” antara rekanan penyedia jasa pemenang tender paket pekerjaan kolam tambat kapal dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom), yaitu  tidak ada pengerukan tanah pada konstruksi kolam. Akan tetapi, rekanan diminta untuk menata areal untuk menunjang jika kolam kapal tersebut nanti dioperasionalkan.

Tepatnya, Tahun 2021 mendatang fasilitas pendukung seperti pertokoan, TPI dan doking kapal harus sudah tersedia di lokasi yang sudah disiapkan seluas tujuh hektare tersebut. Dengan demikian, sambil menunggu dimulainya pelaksanaan pekerjaa utama, yaitu pemasangan material ”sheet pile” untuk dinding kolam tambat kapal maka rekanan yang bersangkutan, sudah memulai melaksanakan pekerjaan dasar areal lokasi penunjang tersebut.

Apalagi, kata salah seorang pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Ahmad, semua profil untuk seluruh pelaksanaan pekerjaan sudah selesai dilakukan, maka bagaimana bentuk kolam tambat kapal dan areal pendukungnya itu secara konkrit. ”Jika kerangka dasarnya sudajh ditemukan, termasuk tinggi rendahnya karena di lokasi itu juga harus dibangun akses jalan, maka pada tahapan pelaksanaan pekerjaan tersebut, kami bsudah menemukan bentuk kondisi riil di lapangan,”ujarnya.

Karena itu, katanya lagi, dua alat berat jenis ekskavator mulai Kamis (23/4) kemarin mulai diterjunkan ke masing-masing lokasio, baik di bagian utara maupun selatan untuk mulai melakukan pembuatan kerangka dasar akses jalan. Hal mitu sangat diperlukan, karena kases jalan tersebut untuk memobilasi penurunan material sheet pile.

Sebab, di belakang areal sarana penunjang itulah letak bangunan konstruksi kolam tambat kapal yang bagian dindingnya harus diperkuat dengan pasangan meterial tersebut. Panjang tiap batang ”sheet pile” adalah 12 meter dan lebar 1 meter, maka setelah nanti berlangsung pemasangan maka tiap-tiap sheet pile” harus masuk ke dalam tanah dua pertiga atau sepanjang 8 meter.

Dengan demikian, material tersebut harus sudajh disiapkan tak jauh dari lokasi kolam sehingga nanti upaya penataan areal penunjang tidak sampai terganggu saat berlangsung pemasangan ”sheet pile” untuk dinding kolam. ”Kendati kami harus kembali menghitung pekerjaan teknis di lapangan agar benar-benar sesuai kondisi riilnya, hal tersebut tidak ada masalah karena sudah dicantumkan dalam CCO,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Bulan Ramadhan Komoditas Bahan Pokok Masih Cukup
Next post Berikan Update, Haryanto Sampaikan Satu PDP Meninggal
Social profiles