Lazisnu Pati Bagikan Paket Sembako Bagi Kaum Dhuafa

0
70
Pembagian paket sembako kepada kaum dhuafa di Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lembaga Amil Zakat NU (Lazisnu) membagikan sejumlah paket sembako bagi kalangan dluafa di Kabupaten Pati. Kegiatan ini merupakan respon dari organisasi masyarakat nahdliyin menyusul adanya pandemi Corona yang saat ini sedang dirasakan bersama.

Niam Sutarman selaku ketua Lazisnu Kabupaten Pati menuturkan membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat yang khususnya kalangan dluafa (kurang mampu). Ditambah lagi saat ini, dengan timbulnya covid-19 berdampak pada apapun itu yang salah satunya adalah pendapatan masyarakat itu sendiri.

“Membagikan paket sembako untuk kaum dhuafa. Saat ini (pandemi Covid-19) pasti berpengaruh terhadap kehidupannya,” laporannya  saat diterima Samin News, Rabu (15/4 /2020).

Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan sampai satu minggu ke depan. Dan hari kemarin telah dimulai membagikan sembako di beberapa kecamatan di Pati. Setiap hari dilaksanakan sekitar 1 s.d 2 Kecamatan dalam target pembagiannya.

Niam menambahkan, ribuan paket yang disumbangkan oleh Lazisnu Pati. Kemudian, paket tersebut diteruskan kepada turunannya pada tingkat kecamatan yang selanjutnya dibagikan kepada kaum dhuafa. “Sekitar 2000 paket. Rata-rata setiap Lazisnu Majlis Wakil cabang (MWC) 100-300 paket,” tambahnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa pembagian sembako tersebut dibagikan pada seluruh kecamatan yang ada di Pati.  Kita targetkan 2000 paket sembako yang akan dibagi. Akan tetapi pada kenyataannya paket sembako lebih dari jumlah tersebut. Karena Lazisnu ranting ternyata juga lakukan hal serupa, yakni penggalangan dana maupun donatur.

Saat dikonfirmasi terkait kapasitas sembako, dirinya menyebut membutuhkan kurang lebih 4 ton beras. paket isinya terdiri dari 1,5-4 kilogram. Adapun tiap kecamatan jumlah yang dibagikan bervariasi, beda-beda wilayah mengisi. “Kita dari cabang membuat sop tapi ditambahi oleh mwc dan Ranting,” tutupnya.