Komunitas Sedekah Jama’ah Sumbang APD di RSUD RAA Soewondo

0
49
Serah terima bantuan APD kepada RSUD RAA Soewondo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Yayasan Sedekah Jama’ah (Sejam) kali ini membantu perawat atau tenaga medis dalam menangani pasien. Bantuan tersebut dengan menyalurkan sejumlah alat pelindung diri (APD) ke rumah sakit Soewondo Pati. Kegiatan seperti ini telah dilakukan beberapa kali olehnya di beberapa titik di Pati.

Adapun bantuan ini merupakan timbulnya rasa empati yang membuncah diantara anggota Sejam kepada masyarakat yang lain. Selain itu, Sejam sebagai komunitas sosial sudah barang tentu mendarmakan dirinya kepada kondisi sosial yang saat ini tidak baik-baik saja lantaran terpapar adanya pandemi wabah virus corona (Covid-19).

Ketua Sejam, Edi Kiswanto menuturkan bahwa bantuan APD tersebut diperuntukkan bagi kalangan tim medis atau perawat yang perannya sangat vital dalam penanganan bencana kasus covid-19. Tenaga mereka saat ini paling krusial sebagai penjaga gawang agar tak kebobolan terpapar virus, dan yang menjadi pengawasan maupun perawatan segera teratasi.

“Bantuan APD ini disalurkan kepada rumah sakit Soewondo. Karena tenaga medis ataupun perawat peran upayanya sangat vital. Peran mereka sebagai garda terdepan dalam memberantas virus corona,” ucapnya melalui laporan tertulisnya pada media Samin News, Rabu (15/4/2020).

Edi menambahkan, rumah sakit Soewondo termasuk salah satu sebagai rumah sakit rujukan dalam menangani seorang pasien dalam klasifikasi perawatan tim medis. Tentu hal ini merupakan bantuan moril kepada mereka bahwa dalam upaya memberantas covid-19 tidak sendiri. Masih banyak pihak yang peduli berbarengan bergandeng tangan melawan bersama.

Bantuan seperti ini, kata dia, sangat bermanfaat dalam percepatan penanganan wabah corona. Oleh sebab itu, semakin banyak yang mendukung dan gotong royong akan semakin memberi kepercayaan satu sama lain demi keamanan bersama. “Harapnya dengan bantuan ini, agar teman-teman lain, komunitas sosial, dermawan juga tergerak hatinya untuk saling berbagi,” tambah dia.

Selain bantuan APD, Komunitas Sejam juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ruang publik maupun tempat ibadah. Penyemprotan disinfektan yang dilakukan seperti masjid, musholla, taman pendidikan qiraati (TPQ) serta madrasah sebagai aksi sosial kemanusiaan yang dipersembahkan olehnya kepada yang lain. Sampai saat ini yayasan Sejam telah melakukan penyemprotan sebanyak 10 kali di lain-lain tempat di Pati. Dan rencana kedepan, selain kegiatan tersebut ke depan akan membagikan paket sembako, akan tetapi belum pasti kapan tanggal dilaksanakannya.