Ketua DPRD : Dewan Tak Laporkan Kegiatan Reses Tak Dapat Laksanakan Kegiatan Selanjutnya

0
37
Suasana Rapat Paripurna DPRD Pati menggunakan video conference.

SAMIN-NEWS.com, PATI РRapat paripurna DPRD Kabupaten Pati kali ini, dilakukan secara daring dengan menggunakan video conference, mengingat saat ini masih berada di tengah wabah Covid-19. Para anggota Dewan dan seluruh Kepala OPD mengikuti video conference dari tempat masing-masing. Hanya Bupati, Sekda, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD yang berada di ruang Paripurna. Namun pelaksanaan  tetap menerapkan protokol kesehatan serta physical distancing.

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin saat membuka acara menyampaikan bahwa menurut data yang diterima, dari 50 anggota DPRD, ada 48 orang anggota dewan yang mengikuti video conference ini. Laporan reses disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Hardi dengan dibacakan dan disimak oleh seluruh peserta video conference.

“Ada beberapa laporan yang harus disampaikan kepada pimpinan dewan, sedikitnya meliputi waktu dan tempat reses anggota dewan, masukan usulan dari masyarakat serta dokumentasi,” ujar dia pada Saminnews (Selasa/4/2020).

Sesuai dengan UU pasal 88 ayat 5 no 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan laporan kegiatan reses dewan. Anggota DPRD yang tidak menyampaikan laporan sebagaimana dimaksud, tidak dapat melaksanakan reses berikutnya.

Masa reses Anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok dilaksanakan dengan memperhatikan: waktu reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota di wilayah provinsi pada daerah pemilihan yang sama; rencana kerja Pemerintah Daerah; hasil pengawasan DPRD selama masa sidang; dan kebutuhan konsultasi publik dalam pembentukan Perda.

Rapat tersebut lebih utamanya membahas tiga poin. Pertama penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Pati Tahap III tahun 2019 dan tahap I tahun 2020 masa keanggotaan DPRD 2019-2024. Kedua, Penyampaian LKPJ Bupati Pati Tahun 2019 dan ketiga rapat khusus untuk anggota dewan adalah pembentukan panitia khusus LKPJ Bupati Pati Tahun 2019.