Angka Kriminalitas Kian Naik di Masa Pandemi

PADA masa darurat corona, tindak kejahatan pencurian dan perampokan mrupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Media-media yang sering membahas kriminal sudah layaknya panen saat ini, bagaimana tidak? Kondisi ekonomi sedang sulit, jadi secara tidak langsung akan berimbas pada angka kriminalitas yang kian naik.

Naiknya angka kejahatan di masa darurat corona ini senada dengan data dari Kepolisian. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menjelaskan bahwa angka kejahatan melonjak hebat setidaknya dalam beberapa minggu terakhir, utamanya setelah dilakukannya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, kenaikannya mencapai angka 11,8 persen.Kejahatan yang paling umum terjadi adalah perampokan dan pencurian yang merupakan imbas dari dampak dari banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Di berbagai daerah, mulai banyak laporan dari masyarakat yang mengaku menjadi korban pencurian. Barang-barang yang dicuri pun semakin beragam. Bukan hanya barang-barang yang selama ini lazim menjadi barang curian seperti barang elektronik atau kendaraan bermotor, namun juga barang-barang lain yang kerap tidak diduga bakal dicuri seperti gabah sampai pisang yang masih ada di pohon.

Di kota-kota besar, pencurian dan perampokan semakin sering terjadi. Minimarket menjadi sasaran utama tindak kejahatan ini. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, hal ini berhubungan erat dengan imbauan dari pemerintah agar masyarakat tinggal di rumah selama masa pandemi corona, hel tersebut memaksa para pencuri atau perampok untuk mengganti target pencurian mereka.

Naiknya angka kejahatan ini juga diperburuk dengan kebijakan pemerintah yang melepaskan banyak narapidana sebagai bagian dari program asimilasi selama masa pandemi corona. Seperti yang terjadi di Desa Winong Kecamatan Pati belum lama ini, seorang perempuan eks narapidana LP Tegal yang diamankan petugas kepolisian lantaran melakukan pncurian di salah satu rumah warga.

Saat seperti ini memang sungguh menjadi masa yang sulit bagi sebagian besar orang, semoga pandemi segera berlalu dan redaksi berita kriminal segera kesulitan lagi mencari berita..

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Lelang Pekerjaan Pembangunan Stadion Joyo Kusumo Tahap Penawaran
Next post Persit Kodim Pati Kembali Bagikan Nasi Kotak dan Masker
Social profiles