Diskominfo Tuan Rumah Festival Media Tradisional Jawa Tengah 2021

Rapat koordinasi antara Diskominfo Kabupaten Pati dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) di aula Diskominfo setempat, Kamis (13/1) hari ini.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kecanggihan teknologi komunikasi di era digital, ternyata tidak mengabaikan fungsi media tradisional yang selama ini perannya banyak diambil oleh para seniman dari media kesenian tradisional. Di antaranya selain ketoprak juga seni pertunjukan wayang yang selama ini tetap menjadi kegemaran masyarakat, utamanya mayoritas suku Jawa.

Karena itu, kata Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Indrianto, Tahun 2021 mendatang Pati dijadwalkan sebagai tuan rumah Festival Pertunjukan Media Seni Tradisional Jawa Tengah untuk memilih wakil provinsi ini maju ke tingkat nasional. Sehingga yang berkait dengan rencana dan jadwal tersebut pihaknya harus benar-benar mengagendakannya mulai sekarang.

Dengan demikian, langkah awal yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini adalah sosialisasi di tiap-tiap eks wilayah eks-kawedanan tentang apa itu media tradisional. ”Masing-masing di wilayah Eks-Kawedanan Tayu, Juwana, Jakenan, Kayen, dan Eks-Kawedanan Pati yang semuanya akan dituntaskan sampai akhir bulan ini,”ujarnya.

Selain menyangkut masalah media tradisional, katanya lagi, pihaknya juga mempunyai mitra kerja para seniman, budayawan dan juga pemerhati seni-budaya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra). Melalui peran para seniman inilah, pemerintah bisa menyampaikan secara langsung program-programnya yang mudah dicerna dan dimengerti masyarakat.

Jika nanti masyarakat sudah mengenal apa itu media tradisional  dan juga FK Metra, maka nilai lebih yang sifatnya tradisional tetap bisa dipertahankan sebagai budaya. Dengan kata lain, hal-hal tradisional tersebut sudah mengakar cukup kuat di masyarakat karena memang benar-benar sudah membudaya, seperti kesenian tradisiponal baik ketoprak maupun wayang, misalnya.

Di luar menghadapi  persiapan festival itu, pihaknya juga harus mempersiapkan untuk ikut festival yang sama Tahun 2020. ”Untuk Pati bergabung dengan peserta kabupaten/kota lain bersama tuan rumah di Pemalang, dan ada pula yang diselenggarakan di Wonosobo, Kota Magelang, dan juga Kabupaten Kebumen,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post UPP Kelas III Juana Permudah Pembuatan Sertifikasi Kepelabuhanan
Next post Awas Hama ”Mrutu” Menyerang Tanaman Padi
Social profiles