Belum Ada Pelaksanaan Paket Pekerjaan Puskesmas Kayen

Di sini bekas lokasi Puskesmas Kayen yang sudah lebih dari satu bulan dibongkar karena akan dibangun puskesmas baru.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com PATI – Kendati pihak pengelola Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Pati sudah menetapkan rekanan pemenang tender, untuk paket pekerjaan proyek Puskesmas Kayen  yang baru dengan biaya sebesar Rp 4,1 miliar. Akan tetapi sudah lebih dari sepuluh hari sejak penetapan tersebut sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan dimulainya pekerjaan pembangunan puskesmas tersebut.

Padahal puskesmas lama sudah lebih dari satu bulan dibongkar kecuali mushola dan ruang untuk rapat di bagian belakang, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat terpaksa dipindahkan ke tempat lain. Akan tetapi khusus untuk pelayanan kepada penderita TB, dibuatkan tempat khusus (halte) di depan ruang rapat.

Sementara itu untuk pelayanan persalinan memanfaatkan bekas kantor BRI Unit Kayen yang bersebelahan dengan Balai Desa/Kecamatan Kayen. Sedangkan untuk pelayanan pasien umum mengambil tempat di rumah salah seorang warga, di pinggir jalan raya Kayen-Sukolilo sehingga dengan kondisi tersebut pembangunan puskesmas baru benar-benar mendesak untuk segera dilaksanakan.

Pertimbangannya jika hal itu bisa dilakukan, maka pelayanan kepada masyarakat di tempat-tempat sementara tidak berlangsung berkepanjangan. Hal itu sama saja, bisa dikatakan untuk pelayanan selain kurang leluasa juga kurang maksimal karena tidak pada tempat yang sesuai peruntukannya, sehingga sebagai jawaban atas kondisi tersebut adalah segera dilaksanakannya pembangunan puskesmas baru.

Jika rekanan pemenang tender sudah ada maka tinggal pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) melakukan penandatanganan kontrak, dan selesai itu dilanjutkan dengan pemberian surat perintah kerja (SPK). Atas dasar itu rekanan pemenang tender sudah bisa mulai melaksanakan pekerjaan yang hari kalendernya sesuai kontrak.

Ditanya berkait hal tersebut, PPKom dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, Nurwono tidak mengelak seraya menambahan pihaknya masih melakukan persiapan-persiapan secara maksimal. ”Jika semua sudah tuntas kami baru menandatangani kontrak dengan pihak rekanan, dan secepatnya akan segera kali laksanakan,”katanya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Berhari Kasih Sayang Jangan Lupa Bersedekah
Next post Soal Perbaikan dan Peningkatan Ruas Jalan Pati-Gabus Masyarakat Harap Bersabar
Social profiles