Dandim 0718; Pati Daerah dengan Komunitas Masyarakat Cukup Banyak

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pati sebagai tempat tugasnya yang baru dinilai sebagai daerah yang cukup banyak mempunyai komunitas masyarakat, suatu potensi cukup membanggakan. Sebab, komunitas tersebut mempunyai kecenderungan untuk mengekploitasi identitas masing-masing, dan kebanyakan cenderung ke hal-hal yang bersifat sosial kemasyarakatan.

Karena itu, komunitas tersebut cukup bisa diajak menjalin kerja sama untuk hal-hal positif yang menyangkut kepentingan publik, sehingga masing-masing kelompok itu cukup kooperatif dalam menyikapi suatu kondisi yang muncul setiap saat. Dengan demikian, hal itu sejalan dengan apa yang sudah dilaksanakan pihaknya tentang komunitas sosial (Komsos) tersebut.

Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani SE mengungkapkan hal tersebut, menjawab pertanyaan saat mengunjungi Klenteng Hok Tik Bio, di Kompleks Pecinan Pati, Minggu (12/1) siang kemarin. Sedangkan kunjungan tersebut berkait dengan upaya Gusdurian dalam merajut kembali kebersamaan yang diwujudkan dalam bersih-bersih klenteng.

Untuk kegiatan itu sendiri sebagai persiapan menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2571 di Tahun 2020 dengan mengajak dan melibatkan banyak komunitas, termasuk di dalamnya mengajak serta TNI/Polri. ”Ternyata hal itu juga berjalan maksimal dengan hadirnya banyak komunitas yang ikut ambil bagian, sehingga benar-benar cukup menggembirakan,”ujarnya.

Dengan demikian, hal itu sebagai bukti, bahwa potensi keberadaan banyak komunitas masyarakat itu benar-benar hal positif yang bisa menjadi andalan untuk menciptakan kebersamaan. Hal itu benar-benar suatu upaya yang untuk mewujudkannya membutuhkan waktu, karena masing-masing tentu saling membutuhkan waktu untuk berinteraktif.

Apalagi yang namanya komunitas masyarakat, upaya saling mempengaruhi untuk bisa saling menunjukkan potensi yang dimiliki tentu tak bisa dihindari. Sehingga kita tinggal menjaga dan meningkatkannya untuk terus tetap berupaya mewujudkan kebersamaan, kerukunan, saling menjaga toleransi dalam kapasitas perbedaan apa pun.

Hal tersebut sudah terlihat pada saat perayaan Natal, pihaknya bersama Gusdurian juga berkunjung dan memantau langsung ke beberapa gereja, baik di Pati maupun di Juwana. ”Karena itu keindahan untuk selalu merjaut kebersamaan, apa pun perbedaannya adalah sangat tepat jika semua komunitas masyarakat di Pati bisa mewujudkannya secara maksimal,”imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyempatkan diri berfoto bersama dengan beberapa komunitas yang ikut serta terlibat dalam bersih-bersih Klenteng Hok Tik Bio dalam persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2571. Selebihnya Dandim terlibat dalam pembicaraan dengan Koordinator Gusdurian lainnya, Kiai Happy Irianto.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Wujud Kebersamaan dalam Bersih-bersih Klenteng
Next post Eddy Siswanto; Memaknai Tahun Baru Imlek dengan Memohonkan Pati Dihindarkan dari Bencana
Social profiles