Dandim 0718 Pati; Tugas TNI itu Menjaga

SAMIN-NEWS.com,  PATI – Dandim 0718 Pati, Letkol CZi Adi Ilham Zamani SE mengatakan, bahwa tugas utama TNI adalah bidang pertahanan. Hal tersebut sudah barang tentu pertahanan terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di mana pertahanan tersebut dikenal dengan Pertahanan Rakyat Semesta.

Mendengar sebutan sistem pertahanan tersebut rasanya terlalu abstrak, tapi hal itu merupakan sistem paling tepat dan paling cocok untuk NKRI. Sebab, setiap negara membutuhkan demi kepentingan menjaga pertahanannya maka semua rakyat pasti akan ikut terlibat dan ikut ambil bagian dalam sistem pertahanan rakyat semesta ini.

Hal itu disampaikan Adi Ilham dalam kesempatan ”ngopi pagi” bersama awak media di Pati, di aula Makodim setempat hari ini, Sabtu (28/12) hari ini. Di sisi lain, katanya lebih lanjut, ada satu hal di mana TNI juga harus menjaga, menjaga apa saja agar apa yang harus dijaga itu tetap aman dan tidak menimbulkan suatu kejadian.

Karena itu TNI harus selalu menjalin sinergitas dengan stakeholder lainnya, baik Polri, Pemkab dan seluruh komunitas masyarakat. ”Semua itu sudah dilakukan oleh Dandim sebelum kami sehingga sekarang ini tinggal melanjutkan dan meningkatkannya, termasuk menjalin keakraban dengan para wartawan,”ujarnya.

Di bagian lain, masih kata dia, berkait dengan capaian kegiatan yang dilakukan Kodim 0718 benar-benar sangat luar biasa, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga sudah semestinya jika para wartawan juga ikut menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat sehingga mereka mengetahui apa saja yang selama ini dilakukan TNI.

Bicara soal pemberitaan, sudah barang tentu harus dijaga pula soal keseimbangan karena melulu memberitakan yang baik-baik saja tidak harus demikian. Semisal ada yang kurang juga perlu dikoreksi agar bisa dibenahi sehingga ada keseimbangan, maka menjalin keakraban dengan wartawan memang harus dilakukan.

Apalagi, kegiatan TNI yang selama ini paling menonjol dan menjadi agenda rutin tiap tahun adalah pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Di Pati ini berbeda dengan daerah lain, karena dalam sekali pelaksnaan TMMD pasti berlangsung sekaligus di dua desa dan dalam satu tahun ada tiga kali TMMD, berkat kerja sama yang baik dengan pemerintah kabupaten setempat.

Dengan demikian, hal itu sudah dicontoh oleh kabupaten/daerah lain, yaitu Kabupaten Kendal. Selain itu juga masih ada satu kegiatan TMMD paling besar yang dinilai hingga tingkat pusat dan pelaksanaannya tiga tahun sekali, di mana Kodim Pati Tahun 2018 meraih juara II peran pemberitaan media berapa yang paling banyak sangatlah menunjang.

”Kegiatan TMMD tersebut akan berlangsung di Tahun 2021 mendatang,”imbuh Adi Ilham Zamani.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Jawaban Cerdas Soal Alam dan Lingkungan Kolam Tambat Kapal
Next post Tanda-tanda Waduk Gembong Tidak Akan Terisi Maksimal
Social profiles