Haryanto : Populasi PU Tinggal 1 Juta Lebih

Tinjau stand pameran expo peternakan sapi Bupati Haryanto di dampingi Sekda Pati Suharyono.(Foto:SN-Riyo)

SAMIN-NEWS.COM PATI – Bupati Kabupaten Pati Haryanto membuka kegiatan pameran expo peternakan sapi yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati. Kegiatan yang dibuka di hutan kota Sabtu (3/7/2019), bertujuan untuk memotifasi para peternak sapi dan kambing agar bisa mengembangkan peternakan tersebut khususnya di wilayah Kabupaten Pati.

Haryanto saat membuka kegiatan expo peternakan menjelaskan, Kegiatan pameran peternakan selalu diselenggarakan setiap tahun sekali, hal itu dilakukan bertujuan untuk memotifasi para peternak agar lebih giat melakukan pengembangan, dan populasi ternak yang ada di Pati agar tidak punah.”Apabila tidak dibina, lama kelamaan akan punah, karena masyarakat lebih memilih nilai ekononi tinggi dalam melakukan pengembangan peternakan,”Katanya.

Saat ini, Untuk populasi peranakan unggulan (PU) hanya tinggal 1 juta lebih. Masyarakat lebih cenderung nemelihara ternak dengan proses yang cepat dan hasil yang banyak, dan itu harus ada campur tangan dari pihak terkait untuk ikut andil dalam hal melakukan pengembangan peternakan sapi unggulan karena memiliki nilai potensi yang tinggi.

Dengan adanya lomba ini, juga untuk memotifasi kepada peternak agar populasi yang ada tidak hilang. Dan ini kalau tidak dilakukan maka dikawatirkan untuk populasi peternakan khususnya untuk peternakan unggulan akan hilang, apalagi untuk populasi peranakan unggul tinggal 1 juta sekian,”Untuk pengembangan potensi peternakan, masyarakat biasanya cenderung bagaimana memelihara cepat dan hasil yang banyak serta mendapatkan lebih,”Terangnya.

Selain itu, Ditambahkan, Haryanto, Pengembangan sapi ternak akan menjadi persoalan apabila tidak ada pembinaan, sementara untuk populasi sapi juga menyumbang besar pendapatan, termasuk sapi dan ayam,”Ini juga termasuk dari sosialisasi agribisnis dalam bidang peternakan, jadi mari kita tingkatkan nilai ekonomi yang ada di Pati,”Imbuhnya.(Riyo/Nu)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Bila Malam Kampung Saliyan Kembali ke Masa Silam
Next post Seperti Proyek Pemerintah Ini tak Berharga
Social profiles