Hasil Olah TKP Tabrakan Beruntun di Jalan raya Pati-Kudus

0
27
Saling cium ”pantat” dalam trabakan beruntun antartruk besar di jalan raya Pati-Kudus KMI 6,5, di perbatasan antara Desa Wangunrejo dan Desa Bumirejo, Kecaatan Margorejo, Pati, Sabtu (6/7) tadi pagi.(Foto:SN/dok-aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) Unit Laka Satlantas Polres Pati terhadap kasus tabrakan beruntun antartruk besar, di Jalan raya Pati-Kudus  KM 6,5 turut Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Sabtu (6/7) tadi pagi sekitar pukul 08.45, faktor penyebab utamanya, jelas ”humanerror.” Yakni, masitrh adanya sopir berhenti sembarangan di bahu jalan, tanpa memikirkan keselamatan pengguna jalan yang lain.
Padahal banyak contoh kasus terjadinya kecelakaan dan biasanya yang menjadi korban adalah pengendara motor yang menabrak truk berhenti di bahu jalan, menjadikan catatan tersendiri di ruas jalan nasional, pantura timur Jawa Tengah. Akan tetapi, perilaku sopir yang ”lucu-lucu” itu ternyata mempunyai kebanggaan tersendiri jika merasa bisa menjadi ”raja” di jalanan.
Berikut kronologi kejadian tabrakan beruntun truk-truk besar sebagaimana laporan pihak Unit Laka Satlantas Polres Pati, di mana Kepala Unit Laka yang bersangkutan, Iptu Sukarno menyebutkan, tabrakan tersebut terjadi antara kendaraan bermotor (KBM) jenis truk tronton NJissan, L-94989-UI. Lawannya truk Mitsubishi K-1328-UH kontra truk tronton Mitsubishi K-1806-EK kontra truk truk yang tidak diketahui identitasnya.
Dalam tabrakan tersebut memang tidak sampai menimbulkan korban jiwa mapun luka berat dan luka ringan juga tidak ada, tapi hanya menyebabkan kerugian material (Ruat) sekitar Rp 10.000. ”Selebihnya terhadi kemacetan di jalan raya tersebut saat berlangsung evakuasi truk-truk yang terlibat dalam tabrakan, dan secepatnya bisa segera diatasi,”ujarnya.
Peristiwanya bermula, masih kata dia, muncul truk tronton B-9134-UZ melaju dari barat ke timur. Sedangkan dalam posisi searah di depannya, tengah berhenti secara berurutan dari belakang kendaraan truk tronton Nissan L-9489-UI, truk Mitsubishi K-1328-UH, truk tronton Mitsubishi K-1806-EK, dan truk lain yang tidak diketahui identitasnya.
Diduiga sopir truk tronton B-914-UZ saat melaju dari barat tidak konsentrasi sehingga menabrak truk tronton Nissan L-9489-UI dari belakang, sehingga secara beruntun truk yang tertabrak tersebut menabrak truk di depannya. ”Melihat kejadian tersebut truk yang tidak diketahui identitasnya, dan berada pada posisi paling depan meninggalkan tempat kejadian,”i,buhnya.(sn)