Sembilan Bus Pembawa Pemudik Gratis Meninggalkan Jakarta; Bus Penjemput dari Pati Masuk TMII

Delapan bus penjemput pemudik gratis bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sekitar pukul 20.00 sudah masuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur (Jaktim).(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Sejak meninggalkan Pati Jumat (31/5) tadi pagi untuk menjemput para pemudik gratis warga Pati di Jakarta, sebanyak delapan bus gratis bantuan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, malam ini sekitar pukul 20.00 sudah ada yang masuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang akan menjadi pudsat pemeberangkatan Sabtu (1/6) besok pagi sekitar pukul 10.00.
Sementara itu, tadi sore sekitar pukul 16.30, sebanyak sembilan bus pengangkut rombongan mudik bersama gratis banytuan dari Kementrian Perhubungan juga bergerak meninggalkan Jakarta menuju ke Pati. Karena itu bagi warga Pati yang sudah bisa kontak dengan keluarganya yang mudik ini bisa melakukan penjemputan di Terminal Sleko.
Salah seorang koordinator mudik bersama gratis dari Ikatan Keluarga Kabuoaten Pati (IKKP) di Jakarta, Hartono mengabarkan hal tersebut seusai melakukan koordinasi di titik-titik lokasi pemberangkatan pemudik  sore hari ini. Akan tetapi, diperkirakan para pemudik dengan bantuan bus dari Kementrian Perhubungan tersebut, tidak semua dari Pati.
Makdsudnya, bisa saja ada di antara mereka yang nanti turun di Semarang, atau Kudus maupun Jepara. ”Sebab, hari ini kami terpaksa harus mengembalikan tujuh bus pengangkut pemudik Lebaran asal Pati ke kementrian tersebut, karena kosong tidak ada penumpangnya karena sisa pemudik sebanyak 600 orang lebih yang semula tidak mendapat alokasi bus, mungkin sudah berangkat bersama rombongannya, tapi dengan bus lain,”ujarnya.
Apalagi, masih kata dia,  sesuai koordinasi tadi pagi, dari 600 yang semula tidak mendapat alokasi bantuan bus gratis hanya sekitar 80 orang yang akan meninggalkan Jakarta hari ini. Dengan demikian, rombongan sembilan bus tersebut tadi sore berangkat dari tiga titik, yaitu Cibinong (Jawa Barat), Silang Monas (Jakarta Pusat) dan Sumarecon Bekasi (Jawa Barat).
Dengan masuknya bus penjemput pemudik dari Pati yang merupakan bantuan dari pemkab, maka sesuai jadwal, pemberangkatan rombongan akan dilakukan pukul 10.00 dari TMII. Bersamaan dengan itu para pemudik darei Pati lainnya akan diangkut dengan satu bus lainnya dari Bank Jateng, dan satu lagi dari Paguyuban Jawa Tengah, masing-masing dari Silang Monas, pukul 09.00.
Semula pihaknya sudah menguoayakan bantuan 7 bus dari Kementrian Perhubungan, tapi hasil pengecekan terakhir tadi pagi, ternyata kosong tidak ada penumpang pemudik dari Pati. Sehingga akhirnya bus tersebut diambil alih untuk pemudik bersama dari Demak, sehingga jika ada pemudik dari Pati yang masih tertinggal bisa ikut rombongan itu.
Demikian pula, jika ada pemudik dari Jawa Tengah lainnya, termasuk dari pantura barat juga bisa ikut rombongan itu, sepanjang masih ada yang kosong. ”Bus bantuan dari Kementrian Perhubungan sesuai jadwal Sabtu besok, pemberangkatannya dari Silang Moinas dan Sumarecon Bekasi,”imbuh Hartono.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Delapan Desa di Pati Menjadi Pusat Integrasi Pegaraman
Next post Pekerjaan Pembuatan Pot Besar di Alun-alun Pati Memasuki Tahap Penyelesaian
Social profiles