Sebelas Paket Pekerjaan Jalan Siap Ditenderkan

pihak kami Dari sebelas paket pekerjaan peningkatan ruas jalan yang siap ditenderkan saat ini, tapi tidak termasuk ruas jalan kabupaten antara Desa Margorejo-Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.(Foto:SN/aed)
SAMIN-NEWS.COM  PATI – Di balik rusaknya ruas jalan di Kabupaten Pati selama musim penghujan, tapi saat ini juga sudah siap ditenderkan sebanyak sebelas paket peningkatan ruas jalan. Di antara paket pekerjaan tersebut ada di dalamnya ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah.
Akses ruas jalan dimaksud, yaitu Tlogowungu – Gunungsari yag merupakan penghubung antara wilayah Kecamatan Tlogowungu dengan wilayah Kecamatan Gunungwungkal. Hal tersebut akan disambung pula akses ruas jalan antara Ngablak, Kecamatan Cluwak hingga Puncel, Kecamatan Dukuhseti.
Hal tersebut dibenarkan salah seorang opetugas lapangan Bidang Binamarga FDinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Cipto. Akan tetapi, katanya, lagi kapan tepatnya pelaksanaan lelang paket pekerjaan itu pihaknya tidak mengetahu secara pasti, karena hal tersebut tergantung pimpinan untuk memasukkannya ke panitia.
Dari pihak kami yang bertugas di lapangan, semua sudah siap sehingga jika hal tersebut segera dilakukan tentu lebih baik. ”’Kendati akses ruas jalan tersebut adalah jalan kabupaten Pati, tapi kalau masyarakat maupun desa yang terdapat akses ruas jalan tersebut, ikut berperan aktif yaitu membuat saluran pembuang meskipun secara sederhana,”ujarnya.
Dengan demikian, katanya lebih lanjut, setiap turun hujan air yang mengalir dari halaman rumah warga larinya tidak ke jalan raya. Hal itu jika akses ruas jalan tersebut terletak di depan rumahnya, tapi yang mempunyai lahan tegalan maupun persawahan hendaknya juga melakukan hala sama sehingga jalan raya tidak menjadi sasaran mengalirnya air hujan.
Selain paket pekerjaan peningkatan ruas jalan itu, untuk beriukutnya adalah lanjutan pekerjaan ruas jalan raya Tayu-Juwana tapi sampai di wilayah Kecamatan Margoyoso. Selebihnya ada paket pekerjaan Jetak-Juwana yang sumber dananya dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 21 miliar lebih.
Sedangkan paket pekerjaan lain yaitu, Tompomulyo-Kuniran dan Ngening-Raci, Kecamatan Batangan. Disusul Banjarsari-Kecamatan Gabus hingga Tambahmulyo, Kecamatan Jakenan, tapi untuk Guyangan, Desa Purworejo, Kecamatan Kota Pati hingga Glonggong, Kecamatan Jakenan masih dalam tahap perencanaan.
Untuk yang lainnya, adalah paket pekerjaan lanjutan akses ruas jalan ke lokasi rencana kolam parkir kapal. ”Sedangkan tak ketinggalan, adalah lanjutan paket pekerjaan antara Sukoliloi hingga Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo, Pati,”imbuh Cipto.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post 20.000 Ton Beras di Gudang Bulog Sub-Divre Pati Belum Tersalur
Next post Zona Hijau PKL Bisa Berubah Menjadi Zona Merah
Social profiles