Polres Pati dan FWP Berkomitmen Menjaga Kebersamaan

Kapolres Pati AKBP Jhon Wesley
Kapolres Pati AKBP Jhon Wesley dan Dewan Pembina Forum Wartawan Pati, Agung Widodo (Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI  –  Dalam kesempatan bersilaturahmi dengan Kapolres Pati AKBP Jhon Wesley, Rabu (26/12) siang tadi Dewan Pembina Forum Wartawan Pati (FWP), Agung Widodo menegaskan komitmennya. Yakni, antara Polri di jajaran Polres Pati dan  FWP untuk selalu menjaga kebersamaan dalam upaya membangun daerah ini agar selalu kondusif dengan lebih menitikberatkan pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
Di sisi lain, kepada para awak media khususnya media online kendati legalformalnya belum diatur secara khusus dalam undang-undang, tapi hal tersebut merupakan realitas di masyarakat tentang pesatnya perkembangan teknologi informasi yang tak bisa dihindari. Sehingga dalam menjabarkan fungsi serta peran wartawan media ini tetap tidak bisa lepas dari etika profesi.
Karena itu, kata Agung Widodo, pihaknya sengaja membentuk sebuah forum untuk mewadahi banyak awak media online, sehingga ke depan bisa menjadi bagian dari organisasi profesi kewartawanan yang sah, baik itu PWI maupun AJI. Lebih-lebih, jika pemerintah segera mengeluarkan UU yang mengatur media online.
Akan tetapi, hal itu rasanya masih jauh dari harapan mengingat fasilitas teknologi informasi yang berkembang di Indonesia ini belum merupakan produk teknologi milik sendiri, melainkan kita ini masih sebagai pengguna. ”Kendati demikian, produk-produk jurnalistik yang dihasilkan tetap harus menggunakan dasar aturan sebagaimana diatur dalam perundang-udangan,”ujarnya.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, masih kata dia, FWP dibentuk adalah sebagai wadah dalam kapasitasnya bukan sebagai organisasi profesi melainkan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan. Dengan demikian yang mengesahkan legal formal forum ini, adalah Kemenkum HAM yang para personel anggotanya, adalah awak media yang kebanyakan dari media online.

Terlepas dari hal tersebut, komitmen dalam menjalankan profesi jurnalistik dari sisi hukum tidak mempunyai imunitas apa pun, sehingga kedudukannya di mata hukum tetap sama sebagaimana warga negara lainnya. ”Karena itu, kami tetap menjaga marwah forum ini jangan ada satu pun personel anggota maupun pengurusnya yang coba-coba melanggar hukum.”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Pati, AKBP Jhon Wesley didampingi Kasubbag Humas Iptu Agung Haryono menegaskan, pihaknya tetap akan kooperatif terhadap para awak media online. Sebab, keberadaannya memang sudah menjadi bagian dari informasi yang diserap oleh masyarakat dalam waktu setiap saat.

Atas dasar itu pihaknya berkomitmen menjalin kebersamaan dengan lebih mengutamakan pada terciptanya situasi kamtibmas di Pati yang benar-benar kondusif. Dengan demikian, media online juga harus berperan secara bersama-sama untuk tidak menulis berita yang sifatnya hoak dan provokatif, karena hal itu akan meresahkan masyarakat.

Apalagi, di Pati ini selain wartawan juga terdapat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maka para personel di jajarannya dalam menyikapi setiap informasi yang berkembang di masyarakat juga harus profesional dan proporsional. ”Semua sudah ada koridor masing-masing, sehingga secara kelembagaan harus bisa mewujudkan kebersamaan sesuai bidang tugasnya.”(sn)

  

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Penataan Lokasi PKL KPH Pati Tahap Finishing
Next post Pati Siap dengan Lokasi Penataan PKL
Social profiles