DLH Kabupaten Tegal Dua Hari Belajar Upaya Memperoleh Adipura di Pati

Dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal, di Slawi, Agus Subagiyo saat mengunjungi Temoat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati, Selasa (4/12) tadi siang.(Foto:SN/aed) 


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Upaya agar daerahnya bisa memperoleh Adiura, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuoaten Tegal, di Slawi, selama dua dua hari berturut-turut sejak Senin (3/12) lalu hingga Selasa (4/12) hari ini belajar tentang banyak hal di Pati. Utamanya, sudah barang tentu menyangkut masalah upaya menciptakan bebersihan da penataan lingkungan.
Tak ketinggalan sekolah Adiwiyata pun menjadi bahan kajian, karena hal itu juga menjadi objek untuk menciptakan lingkungan sekolah yang benar-benar bersih hijau, dan nyaman. Selama berada di Pati rombongan kecil yang dipimpin langsung Kepala DLH Kabuaten Tegal, di Slawi, Agus Subagiyo itu didampingi personel dari DLH Kabupaten Pati.
Dengan demikian, selain belajar banyak soal pengelolaan sampah yang sudah banyak dilakukan oleh bank-bank sampah di Kota Pati juga melihat langsung proses pengangkutan sampah rumah tangga oleh paguyuban mulai dari lingkungan RT/RW ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Selebihnya juga ruang terbuka hijau, berupa taman kota.
Sedangkan sasaran terakhir dari semua proses menciptakan kebersihan, adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati. Di tempat ini mereka diterima Kepala Seksi Kebersihan Bidang Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum danTata Ruang (DPUTR), Sukiman didampingi penanggung jawab TPA, Agus Sudarmono.
Agus Subagiyop mengatakan, pihaknya dalam kesempatan ini memang harus belajar banyak hal tentang permasalahan, untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian Adipura. ”Dengan demikian, belajar tentang sistem pengelolaannya pun harus dilakukan seara maksimal, agar Kabupaten Tegal bisa memiliki TPA seperti Pati,”ujarnya.
Dalam kesempaten tersebut, Sukman juga menyampaikan dan memperkenalkan bahwa di TPA yang menjadi tanggung jawabnya ini, menjadi perhatian dan menjadi tempat kegiatan anggota Forum Wartawan Pati. ”Salah satu kegiatannya, adalah ikut membantu melakukan penanaman pohon untuk menciptakan lingkungan TPA sebagai ruang terbuka hijau.”(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Seluruh Anggota DPRD Pati Selesai Ikuti Bintek
Next post Anggota Komisi D Endah Sri Wahyuningati; Pati Butuh Gerakan Memilah Sampah Mulai dari RumahTangga
Social profiles