Atas Jaminan Bupati; Peningkatan Ruas Jalan Sokilo-Wotan Dikebut

Pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan Sokolilo-Wotan di Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo, Pati mulai dilaksanakan menyusul setelah Bupati Haryanto turun dan mengecek langsung ke lapangan.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI-Daya dukung atas penjaminan Bupati Haryanto agar rekanan pemenang tender proyek peningkatan ruas jalan Sukolilo-Wotan lewat Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo, Pati segera melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, pengaruhnya benar-benar maksimal. Saat melihat langsung ke lapangan, Bupati menjamin bertanggung jawab bila ada pihak-pihak yang tidak kooperatif dalam pelaksanaan peningkatan ruas jalan tersebut.
Pada awalnya muncul  kendala, karena pihak pemerintahan Desa Baturejo menghendaki agar paket proyek tersebut semuanya dialokasikan ke desa itu.  Padahal sesuai perencanaan, selain untuk peningkatan ruas jalan di desa yang bersangkutan juga untuk kepentingan ruas jalan keluar dari Sukolilo ke Baturejo.
Dengan demikian, kata  pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, kini pihaknya sudah bisa bekerja maksimal. Sehingga sebelum datangnya musim penghujan, pelaksanaan pekerjaan itu sudah tuntas, karena hanya sepanjang 650 meter dengan pengaspalan, secepatnya bisa dituntaskan karena sudah tidak menghadapi kendala.
Karena itu, pelaksanaan pekerjaan di lapangan ini terus dikebut megingat pihaknya sudah kehilangan bebarapa hari kalender sebagai dampak dari munculnya permasalahan sosial tersebut. ”Prinsipnya ditargetkan untuk menyelesaikan pekerajaan ini adalah kurang dari satu bulan, atau paling maksimal sampai akhir bulan,”ujarnya.
Mengingat alokasi pekerjaan ada dua titik, masih kata dia, maka upaya mempersiapkan pelaksanaan yang ruas jalan keluar Desa Sukolilo ke Baturejo juga dilakukan. Upaya itu juga akan dimaksimalkan karena di titik alokasi ini terdapat pelaksanaan pekerjaan pembetonan sepanjang 350 meter, sehingga penataan bagian ruas jalan yang rusak harus terlebih dahulu diratakan.
Selesai tahapan itu adalah pelaksanaan pembuatan lantai kerja, dilanjutkan dengan perangkaian besi baru dilakukan pengecoran. Sedangkan yang sedikit memakan waktu hari kalender adalah untuk pekerjaan perangkaian besi, sehingga juga harus dimaksimalkan jangan sampai berlarut-larut karena untuk konstruksi beton juga terikat umur untuk pemanfaatannya.
Untuk pekerjaan lain, tentu penataan dasar badan jalan yang rusak dan harus ditingkatkan dengan pengaspalan. Karena kondisi akses ruas jalan tersebut setelah dari lokasi konsruksi beton menurun, maka level ketinggiannya harus disamakan agar ruas jalan tidak menjadi tempat mengalirnya air saat turun hujan.
Berkait hal tersebut, maka untuk menyamakan ketinggian antara jalan yang berbeton dan beraspal harus dimaksimalkan dengan urukan material. ”Yakni, batu pecah yang harus digilas dan dipadatkan dan selebihnya adalah tambahan penataan sisi tepi kiri dan kanan atau bahu jalan,”imbuh dia.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Indahnya Kebersamaan Para Anak Bangsa Penanggung Jawab Keamanan Negara
Next post Hadiah Peringatan Ke-73 HUT TNI Kodim 0718 Pati Spesialis Juara Kedua
Social profiles