KOMPAK Gelar Aksi Tuntut Pemilu Damai

0
33

Peserta aksi dari Koalisi Masyarakat Pati Aman Kondusif bersama salah seorang anggota DPRD dari F-PDIP, Noto Subiyanto membubuhkan tanda tangan mendukung Pemilu Damai Tahun 2019. Anggota Dewan lainnya juga dari partai yang sama, Soetarto Oentersa dan Muhammadun dari PKB juga hadir di tengah-tengah massa peserta aksi di akses jalan kawasan Alun-alun Simpanglima Pati.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Kelompok massa yang bergabung dalam Koalisai Masyarakat Pati Aman Kondusif (KOMPAK), tadi puku;l 14.00 mengajak dan menuntut penyelengagaraan Pemilu 2019 benar-benar dijamin aman dan kondusif. Hal itu semua pihak dituntut, utamanya KPU dan Bawaslu untuk benar-benar bersikap netral dan profesional.
Dengan demikian, jangan membiarkan terjadinya setiap pelanggaran dan kecurangan penyelenggaraan, karena hal itu menjadi pangkal pemicu terjadinya konflik tidak hanya di kalangan partai politik peserta pemilu. Akan tetapi masalah tersebut bisa berdampak luas, apalagi jika sudah melibatkan masing-masing massa pendukung parpol yang bersagkutan.
Hal tersebut, kata juru bicara yang menyerukan harapan itu dalam aksi yang juga mendapat penjagaan dari jajaran kepolisian Polsek Kota dan Polres Pati, tidak boleh terjadi di Pati. Harapan yang sama kedalamaian dalam pemilu juga harus berlangsung pula di seluruh belahan wilayah NKRI, lainnya.
Sebab, pelaksana pemilu lima tahunan hal itu bukan hanya sekadar memilih para Wakil Rakata maupu Presidan dan Wakil Presiden, sertqa memilih anggota DPD. ”Lebih dari itu yang utama, selain terjaminnya rasa aman bagi setiap warga juga tetap terjaganya kesatuan, kedamaian, dan ketrentaman masyarakat,”ujarnya.
Apalagi, masih kata dia, masyarakat Pati yang memang cinta damai  tentu tidak menginginkan terjadinya perpecahan di antara mereka. Suasana yang kondusif dan sejuk harus selalu dipertahankan,  dan hal itu bisa terwujud bila di antara sesama warga, serta jajaran aparat keamanan benar-benar bersikap netral, danm proporsional, serta profesional.
Karena itu, seluruh komponen koalisi pun  siap untuk berdampingan dan bergandeng tangan senagaimana yang sudah dilakukan jajaran aparat keamanan di Pati selama ini. ”Kamimun sangat berterima kasih atas dukungannya, dan kepada Pak Bupati juga kami sampaikan ucapan yang sama kerana telah memberi kesempatan kepada kami menyampaikan tuntutan damai pada Pemilu 2019 mendatang.
Diminta tanggapannya berkait hal tersebut, salah seirang anggota DPRD Pati dari F-PDIP Noto Subiyanto yang hadir di tengah-tengah aksi massa itu sangat mendukung apa yang dilakukan koalisai tersebut. Sebab, dengan berlangsungnya pe,ilu damai maka hal itu memberikan jaminan berlangsungnya masyarakat dalam berdemokrasi.
Dengan tetap terjaganya keberlangsungan demokrasi tersebut, maka hak-hak konstitusi rakyat benar-benar tersalurkan sesuai kebebasan dan aspirasi masing-masing. ”Karena itu, harapan dan imbauan serta ajakan maupun tuntusan KOMPAK harus kita dukung dan kita laksanakan benar-benar sesuai hak dan kewajiban kita sebagai warga negara,”tandas dia.(sn)