Pelatihan Mengelola Posko Bencana Alam

DANDIM 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan tengah menyampaikan materi pelatihan Pengelolaan Posko Penanggulangan Bencana Alam, di Makodim setempat, Kamis (7/6). (Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI-Dalam setiap upaya penangulangan bencana alam, hal utama yang harus dilakukan tak lain penyelamatan jiwa manusia, karena dalam kondisi darurat seperti itu, nyawa manusia lebih penting bila dibanding dengan harta benda. Karena itu, sebuah pos penanggulangan bencana alam mutlak dibutuhkan.

Dengan posko maka semua pelaksanaan penanggulangan bencana tersebut akan bisa dikoordinasikan, baik oleh satuan pengendali maupun para peksana di lapangan. Melalui koordinasi yang baik dan maksimal, hal itu sudah merupakan 90  keberhasilan, karena pelaksanaan penanganan di lapangan tentu akan sesuai prosedur tetap (protap) oleh semua personel yang terlibat di dalamnya.

Hal tersebut diungkapkan Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan, menjawab pertanyaan, Samin News, Kamis (7/6). Karena itu, katanya lebih lanjut, pihaknya menyelengarakan pelatihan pengelolaan posko bencana alam di jajarannya yang diikuti pula pihak terkait, seperti BPBD, desa, dan kecamatan selama tiga hari berturut-turut, sejak Rabu (6/6) s/d Jumat (8/6) besok.

Mengingat pelaksanaa pelatihan berdasarkan instruksi dari Korem 073 Makutarama, tapi  dalam pelaksanaan di lapangan berdasarkan kondisi wilayah. ”Untuk Kabuoaten Pati, bencana yang dominan terjadi adalah banjir dengan daerah terdampak , sehingga pelatihan diikuti personel dari wilayah Kecamatan Gabus, dan Juwana,”ujarnya.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Penyerahan E-KTP Selesai Shalat Tarawih terus Berlanjut
Next post Jumlah Pemohon Surat Izin Mengemudi Berkurang
Social profiles