Forum Wartawan Pati Kembali Buka Pos Mudik Lebaran

Forum Wartawan Pati (FWP) siap dengan pos mudik Lebaran di pinggir jalan raya Pati-Kudus KM 4, tepatnya di depan Pasar Pragola Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI-Lebaran kali ini Forum Wartawan Pati (FWP) kembali membuka pos mudik, di pinggir jalan raya nasional jalur pantura timur KM 4. Tepatnya di depan Pasar Pragola Pati yang lokasinya cukup strategis, karena berdekatan dengan Mapolsek dan Koramil Margorejo, sehingga memudahkan untuk menyampaikan informasi.

Dengan demikian, lokasi tersebut sudah dipilih dan ditetapkan saat pos mudik ini dimulai pada Lebaran tahun lalu, dan sudah mendapat izin dari pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati. Karena itu, kegiatan rutin ini akan terus berlanjut pada Lebaran tahun-tahun mendatang.

Sebab, kata ketua pelaksana, Roswijayanto, apa yang dilakukan para wartawan itu menjadi bagian dari kegiatan sosial yang menjadi program kerjanya. Apalagi, banyak pihak yang responsip terhadap pelaksanaannya, termasuk Dinas Sosial dan Kodim 0718 Pati yang membantu menyediakan tenda beserta kelengkapannya.

Karena itu para pemudik yang melintas di jalur pantura timur dengan berkendara mobil pribadi, jika dalam kondisi lelah selama menempuh perjalanan jauh bisa berhenti untuk beristirahat di pos ini. ”Jika haya sekadar air putih maupun kopi, serta makanan ringan kami sediakan sekadarnya,”ujarnya.

Untuk berhenti beristirahat, masih kata dia, jika hanya sekadar alas tikar juga disiapkan, dan untuk keperluan mandi bisa dilakukan di Pasar Pragola. Demikian pula, untuk memarkir kendaraan, di halaman pasar tersebut juga cukup luas, dan setelah kelelahan berkurang baru kembali melanjutkan perjalanan.

Selain itu, jika harus memeriksakan kondisi kesdhatan, hal itu bisa dilakukan di pos layanan kesehatan Rumah Sakit (RS) Fastabiq yang mengambil lokasi bersebelahan dengan pos FWP. Tidak hanya itu, jika hendak membeli oleh-oleh maupun menikmati kuliner khas Pati juga tersedia  di pasar tersebut.

Apalagi, jika para pemudik yang melintas di jalur pantura timur Jawa Tengah ini kebanyakan adalah dari wilayah Jakarta-Depok-Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jadebotabek), serta dari Sumatra. Setelah menempuh perjalanan mulai sore hingga malam dari Jadebotabek, sampai di wilayah pantura timur ini diperkirakan menjelang subuh dini hari.

Hal itu bisa dipastikan, kondisi para pengemudi yang mudik dengan kendaraan pribadi pasti sudah pada puncak kelelahan. ”Bagi yang kebetulan memasuki Pati, pada pagi hari juga bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak di pos mudik Lebaran yang kami sediakan,”kata Roswijayanto.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mempercantik Diri dengan Lukisan Henna
Next post Penyerahan E-KTP Selesai Shalat Tarawih Berakhir
Social profiles