Jembatan Juwana Dilengkapi Kamera CCTV Deteksi Kendaraan Overload

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pengawas proyek pembangunan Jembatan Juwana, Fatoni menyatakan kendaraan overload atau melebihi muatan akan terekam kamera. Ini dilakukan untuk pengawasan kendaraan yang melintas di atas jembatan.

“Kita kasih cctv untuk monitoring semua kendaraan yang lewat, bebannya berapa nanti bisa terdeteksi dan nanti terkoneksi ke kantor pusat untuk pengawasan jembatan,” katanya, Jumat (5/5/2023).

Jembatan Juwana di jalur Pantura tersebut mampu menahan beban sampai 510 ton dengan usia bertahan sampai 50 tahun. Melalui kamera tersebut, semua kendaraan yang lewat bakal terekam dan mampu mendeteksi beban muatan kendaraan.

Uji coba beban jembatan Juwana dilakukan oleh PT Bukaka, PUPR dan instansi lainnya berlangsung sekitar 2 jam, mulai pukul 09.30 s/d 11.30 WIB. Jembatan tersebut diujicobakan dengan 4 kendaraan tronton.

Jembatan Juwana yang dimulai dikerjakan Agustus 2022 sampai April 2023 sekitar 8 bulan ini adalah jembatan model Callender-Hamilton (CH). Dan diharapkan dengan dipasangnya kamera itu untuk mengawasi kendaraan yang lewat dan menjaga agar jembatan sehingga bisa berumur panjang.

“Selain itu kita kerjasama dengan bina marga untuk pengawasan. Karena kami khawatirkan jika ada overload bisa memperpendek umur jembatan,” jelasnya.

Fatoni juga menyinggung bahwa dirinya juga membangun jembatan tak hanya di Juwana Kabupaten Pati. Dia menyebut di antaranya juga membangun di Semarang juga Wonokerto.

Dengan dibukanya kembali jembatan tersebut mampu mengurai kemacetan kendaraan. Pasalnya, sebelumnya kendaraan mengekor padat merayap untuk melintas.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Uji coba beban jembatan Juwana oleh PT Bukaka bersama dengan instansi terkait, Jumat (5/5/2023) Previous post Jembatan Juwana Tahan Sampai 50 Tahun
Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat mengunjungi pengujian beban jembatan Juwana, Jumat (5/5/2023) Next post Henggar Harap Jembatan Juwana Dipoles Cantik
Social profiles