Jembatan Juwana Tahan Sampai 50 Tahun

Uji coba beban jembatan Juwana oleh PT Bukaka bersama dengan instansi terkait, Jumat (5/5/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jembatan Juwana yang saat ini sudah digunakan untuk lalu lintas kendaraan dikatakan mampu bertahan 50 tahun. Hal ini diketahui saat uji coba beban dan keamanan jembatan, Jumat (5/5/2023.

Uji coba beban tersebut berlangsung sekitar 2 jam, mulai pukul 09.30 s/d 11.30 WIB. Jembatan tersebut diujicobakan dengan 4 kendaraan tronton.

Supervisor PT Bukaka, Sindu Yoga mengatakan berdasarkan hasil uji coba beban bahwa jembatan Juwana bisa dilalui kendaraan dengan aman. Bahkan bisa menahan berat sampai 500 ton lebih di saat bersamaan.

“Uji coba jembatan Juwana hasilnya seperti yang kita harapkan. Setelah dibuka lalu lintas bisa dilalui bisa lancar,” kata Sindu kepada wartawan di lokasi.

“Jembatan bisa tahan sampai 50 tahun. Dengan kapasitas mampu menahan beban antara 490 hingga 510 ton,” sambung dia.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Bukaka bersama dengan tim, terdapat 4 tronton di atas jembatan. Di mana masing-masing tronton punya beban 27 ton.

Dalam kesempatan itu Sindu menjelaskan mekanisme uji coba jembatan menggunakan 2 metode yaitu metode dinamik dan statik. Sehingga dihasilkan perhitungan yang akurat untuk menjamin keamanan pengguna jembatan.

“Sudah sesuai yang kita rencanakan, jembatan aman digunakan. Uji coba ada dua metode, dinamis getaran dan stastis. Dinamik dengan hasil getaran 2,54 Hz jadi kurang lebih sudah memenuhi standar,” ungkapnya.

Bahkan, dia mengaku jembatan yang masih menyisakan pengerjaan finising itu mampu menahan gempa. Dirinya menyebut jembatan Juwana mampu tahan getaran sampai 8 Skala Rikhter.

Jembatan Juwana kini dipasang dengan teknologi untuk membantu pengawasan. Yakni Dipasang sensor untuk mendeteksi kendaraan overload yang terhubung ke kantor pusat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Batik Folklor, Adaptasi Falsafah Sunan Muria Kabupaten Kudus
Next post Jembatan Juwana Dilengkapi Kamera CCTV Deteksi Kendaraan Overload
Social profiles