Terkendala Peralatan, RPH Margorejo Belum Beroperasi

Tampak depan gedung utama Rumah Potong Hewan (RPH) di lingkungan Pasar Hewan Margorejo Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro Nomor 23 Pati masih belum beroperasi. Pembangunan RPH di bawah pengelolaan oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati tersebut tengah proses persiapan.

RPH di lingkungan Pasar Hewan Margorejo itu dibangun bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Tahun 2022, Dinas Pertanian Kabupaten Pati sebagai pengguna jasa CV Hokage. Adapun nilai kontrak pekerjaan sebesar Rp 2,7 miliar sekian.

Sementara proyek pembangunan RPH itu mulai dikerjakan pada Maret 2022 lalu, dan selesai 180 hari masa kalender atau sekitar September 2022 lalu, hanya saja sampai Februari 2023 ini belum resmi digunakan.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, RPH dibangun selain bangunan utama, di sebelah kanan gedung juga dibangun fasilitas kandang. Tetapi tidak ada kegiatan di lokasi. Hewan ternak juga tidak ada yang terlihat menunggu antrean untuk proses penyembelihan.

Kepala Dispertan Pati, Nikentri Meiningrum mengatakan belum beroperasinya RPH yang dikatakan representatif tersebut mengalami kendala di peralatan. Namun pihaknya tidak menyebutkan gamblang peralatan yang dimaksud.

“Beroperasi untuk kambing dan hewan-hewan kecil dulu, bertahap operasinya. Pemotongan dini hari cuma kemarin alatnya memang belum maksimal masih perlu dibenahi dulu,” kata Niken saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Sehingga, belum maksimalnya penggarapan fasilitas RPH tersebut mengakibatkan operasi tertunda. Pihaknya menyatakan kemungkinan dua minggu ke depan RPH sudah bisa beroperasi maksimal.

“Peralatan belum maksimal perlu dibenahi. Jadi operasinya tertunda, mungkin dalam waktu 1 – 2 minggu lagi sudah kita operasikan,” tambah Niken.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Banjir merendam Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus, Selasa (28/2/2023) Previous post Banjir Kembali Rendam Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Pati
Lahan pertanian di Desa Ngurensiti Kecamatan Wedarijaksa terancam gagal panen (Samin News / istimewa) Next post Banjir Ancam 50 Hektar Lahan Pertanian di Ngurensiti
Social profiles