KPU Jepara Prioritaskan Karimunjawa dalam Distribusi Logistik Pemilu 2024

SAMIN-NEWS.com, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengatakan akan memprioritaskan Kecamatan Karimunjawa dalam mendistribusikan logistik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhri menilai bahwa Kecamatan Karimunjawa merupakan satu wilayah di Jepara yang cukup unik. Lantaran lokasinya yang terpisah lautan serta membutuhkan kapal untuk menempuhnya.

“Pemilu 2024, Karimunjawa tetap akan menjadi prioritas khusus dalam pendistribusian logistik. KPU Jepara juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, yakni Pemerintah Daerah, Kodim 0719/Jepara dan Polres Jepara terkait potensi-potensi hambatan yang ada,” kata Subchan dalam dialog “Tribun Fofum” yang digelar media massa Tribun Jateng, Rabu (13/7/2022).

Mendapat prioritas pada saat distribusi nanti, ia beralasan sebab Pemilu 2024 yang pemungutan suaranya diselenggarakan 14 Februari 2024, dimungkinkan akan berbarengan dengan musim baratan. Di musim itu, biasanya gelombang laut akan tinggi dibarengi dengan angin kencang. Sudah menjadi rutinitas tahunan, di saat musim baratan, penyeberangan ke wilayah Kecamatan Karimunjawa akan terhambat cuaca buruk.

“Kami pernah punya pengalaman di saat Pilkada 2017, dimana pemilunya digelar tanggal 15 Februari. Saat itu distribusi logistik pemilu ke Karimujawa sempat tertunda beberapa kali akibat cuaca buruk dan kapal tidak diizinkan menyeberang,” kata Subchan.

Dalam kondisi seperti itu, ia menambahkan bahwa KPU Jepara sampai menempuh koordinasi dengan Kodim 1719/Jepara dalam rangka meminjam kapal perang milik TNI untuk mendistribusikan logistik pemilu, meski kemudian logistik berhasil dikirim dengan Kapal Ferry di saat cuaca membaik.

Tetapi, Subchan menyebut secara umum penyelenggaraan Pemilu di Jepara maupun di seluruh wilayah Indonesia sebenarnya sama saja. Sebab regulasinya sama yakni mengacu pada peraturan Perundang-undangan Nomor 7 tahun 2017 yakni dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luberjurdil).

KPU, kata Subchan, berharap Pemilu 2024 akan berjalan lancar, aman, dan demokratis. Pihaknya mengajak bagi seluruh masyarakat untuk menyambut Pemilu 2024 dengan optimistis dan penuh kegembiraan.

“Karena melalui pemilu inilah kedaulatan rakyat diwujudkan. Rakyat bisa secara langsung menentukan siapa yang akan memimpin bangsa ini ke depan,” pungkasnya,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Banjir di Pati, Dewan Singgung Arah Pembangunan Lingkungan
Next post Tiga Desa di Tlogowungu Dilanda Tanah Longsor
Social profiles