Banjir di Pati, Dewan Singgung Arah Pembangunan Lingkungan

0
89

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sukarno meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati memikirkan arah pembangunan daerah utamanya terkait dengan dampak lingkungan.

Ini merespon hujan ekstrim yang hampir mengguyur semua wilayah di Kabupaten Pati, baik di hilir maupun di hulu pada Kamis (14/7/2022) malam tadi. Hujan sekitar 2,5 jam tersebut menyebabkan banjir, mulai di Kecamatan Pati, Wedarijaksa, Trangkil, Margoyoso, Tayu hingga Juwana.

Anggota DPRD Pati dari fraksi Golkar tersebut, mengatakan bahwa banjir ini terjadi berulang-ulang. Sehingga ia meminta kita semua harus sadar, baik Pemkab maupun masyarakat harus bersama-sama memikirkan lingkungan karena selain hujan yang ekstrim, dampak degradasi lingkungan sangat menentukan kejadian ini.

“Kita wajib menata kembali arah pembangunan Kabupaten Pati yang berwawasan lingkungan (berkelanjutan). Dalam pembangunan untuk memajukan Kabupaten Pati, meningkatkan ekonomi/ pendapatan masyarakat jangan sampai malah menimbulkan masalah baru yang menyebabkan kerugian lebih besar,” tegas Sukarno, Kamis (14/7/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan fenomena alam saat ini merubah keadaan alam. Pasalnya menurut dia, musim kemarau saat ini dari prakiraan BMKG termasuk kemarau basah karena masih sering terjadi hujan yang ekstrim.

Berdasarkan informasi yang merujuk penjelasan BMKG, terjadinya hujan ekstrim di musim kemarau disebabkan terjadinya cyklon tropis yang masih terjadi di musim kemarau saat ini.

Sukarno menyinggung banjir berulang-ulang di Kabupaten Pati seperti yang terjadi saat ini selain dampak hujan yang ekstrim juga disebabkan peralihan kawasan.

“Misalnya kawasan peruntukan dari lahan sawah, tegalan, tambak, penyempitan dan dangkalnya sungai, saluran got yang selanjutnya digunakan untuk kawasan perumahan dan pembangunan pabrik,” terangnya.

Tetapi, Sukarno berdalih kalau kita bijak bisa meminimalisir dampak dari perubahan fenomena alam yang ekstrim. “Marilah kita bersama yang hidup di daerah atas (hulu) maupun di ngare, pesisir (hilir) bersama sama menjaga lingkungan dan pemerintah juga harus bijak dalam pembangunan untuk memajukan Kab Pati, sehingga visi-misi pemkab tercapai,” pungkasnya.(adv)