Tiga Desa di Tlogowungu Dilanda Tanah Longsor

0
243

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bencana tanah longsor menimpa di tiga desa, yakni Desa Gunungsari, Klumpit dan Tajungsari masing-masing di Kecamatan Tlogowungu, Pati pada Kamis (14/7/2022). Tanah longsor tersebut akibat hujan lebat tadi malam.

Camat Tlogowungu, Jabir mengatakan tanah longsor itu terjadi di beberapa titik yang salah satunya terjadi di jalan kabupatan atau menuju Kecamatan Gunungwungkal, akhirnya akses jalan poros jalan kabupatan ini tidak bisa dilewati.

“Di Desa Gunungsari ada 3 titik lokasi longsor, di antaranya ada yang menutup jalan poros Jalan Kabupaten 1 titik sehingga tidak bisa dilewati,” ucap Jabir.

Jajaran Muspika Kecamatan Tlogowungu saat meninjau lokasi tanah longsor, Kamis (14/7/2022)
Jajaran Muspika Kecamatan Tlogowungu saat meninjau lokasi tanah longsor, Kamis (14/7/2022)

Kemudian, tambah Jabir longsor di Desa Gunungsari itu juga diakibatkan dari adanya pelaksanaan pembangunan talud yang masih dalam proses pengerjaan. Di titik ini longsor mengenai rumah warga. Akan tetapi tidak ada korban jiwa, hanya saja hewan ternak kambing yang diperkirakan ikut terkubur longsoran tanah.

Sementara di Desa Klumpit longsor terjadi di area tebing di beberapa titik. Tetapi ada satu lokasi yang memang menutup akses jalan desa setempat. Begitu juga di Desa Tajungsari, tepatnya di Dukuh Rambutan menutup jalan desa.

Terkait dengan bencana alam tanah longsor ini, pihaknya segera melakukan cek lokasi di tempat kejadian untuk membantu proses evakuasi. Selain itu, dirinya juga meminta bantuan alat berat yang dimaksudkan untuk mengangkut material longsor agar akses jalan tersebut bisa dilewati.

“Berkenaan dengan hal tersebut kami kohon bantuan alat berat untuk mengangkat tanah longsoran sehingga akses jalan bisa dilewati,” pungkasnya.