Permudah Rekapitulasi Barang Jasa, DPUTR Pati Terapkan Aplikasi Si Darja

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menyiapkan aplikasi Si Darja (Sistem Informasi Data Barang Jasa). Yakni sistem berbasis digital guna memudahkan proses rekapitulasi pengadaan barang dan jasa.

Sekretaris DPUTR Pati, Kristina Inti Retnoningrum mengatakan penerapan aplikasi Si Darja ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Pati.

“Si Darja yang kami siapkan ini untuk meningkatkan DPUTR terutama peningkatan kualitas pembangunan di Kabupaten Pati,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Menurutnya rekapitulasi data barang yang dilakukan oleh pihak DPUTR belum optimal. Lantaran, kata dia sejauh ini rekapitulasi yang dilakukan masih secara manual. Sehingga nantinya aplikasi Si Darja diharapkan dapat mempermudah pekerjaan.

“Karena belum optimal rekapitulasi data pengadaan barang dan jasa di DPUTR pakai manual. Nanti tidak lagi manual tetapi menggunakan sistem digitalisasi,” bebernya.

“Tujuannya adalah dalam proses rekapitulasi nantinya tidak dilakukan secara manual, tetapi secara digital. Agar lebih cepat efisien,” tambah Kristin.

Ia melanjutkan data yang diinput dalam aplikasi Si Darja seperti nama paket kegiatan, pagu, sumber dana, penyedia jasa, kontrak jangka waktu, berita acara serah terima, hingga realisasi pembayaran.

Kendati begitu, ia mengakui jika aplikasi ini masih terhitung baru sehingga ke depannya masih butuh penyempurnaan. Dikatakan aplikasi Si Darja untuk saat ini baru diterapkan terbatas di DPUTR.

Sebagaimana diketahui aplikasi Si Darja telah dilaunching oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro pada Senin (10/6) kemarin. Pemkab Pati sangat mendukung rekapitulasi data barang jasa secara digital seperti aplikasi Si Darja ini agar segera diterapkan juga di masing-masing OPD.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Polisi Bekuk 1 Tersangka Lagi Kasus Pengeroyokan Sukolilo
Next post Pengeroyokan Sukolilo Disebut Imbas Tak Percayanya Masyarakat pada Aparat
Social profiles