Puskesmas Keliling di Kabupaten Grobogan Gunakan Ambulans Motor

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Banyak warga yang mengeluhkan masalah kesehatan terutama lansia dan juga daerah-daerah terpencil yang jauh dari faskes kesehatan.

Untuk mempermudah dan juga maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat secara luas, Dinkes Kabupaten Grobogan melalui dana alokasi Khusus (DAK) mendapatkan bantuan ambulans motor sebanyak 52 unit.

Ambulans Motor ini akan digunakan sebagai sarana untuk memfasilitasi kesehatan masyarakat dalam rangka kegiatan puskesmas keliling.

Kepala Dinkes Kabupaten Grobogan, Slamet Widodo menyampaikan dengan adanya ambulans motor ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat sampai ke pelosok-pelosok desa.

“Pengadaan ini dimaksudkan untuk kegiatan puskesmas keliling yang nanti diharapkan sampai pelosok-pelosok desa di Kabupaten Grobogan,” katanya.

Jumlah anggaran yang dikeluarkan yaitu Rp 2.285.310.000 rupiah. Dengan rincian perunit ambulans motor yang dilengkapi dengan sejumlah alat kesehatan mencapai Rp 44.810.000 rupiah.

Tidak semua puskesmas di Grobogan mendapatkan ambulans motor ini. Hanya Puskesmas dengan daerah-daerah pelosok saja yang mendapatkannya.

“Di Grobogan terdapat 30 puskesmas. Namun tak semuanya dapat, karena tak semua daerah berada di pelosok. Adanya bantuan ini pun didasarkan atas pengajuan,” tuturnya.

Terdapat 24 Puskesmas yang mendapat bantuan ambulans motor diantaranya yaitu Puskesmas Kedungjati 3 unit, Karangrayung I 2 unit, Karangrayung II 2 unit, Penawangan I 3 unit, Penawangan II 2 unit, Toroh I 2 unit, Toroh II 2 unit, Geyer II 2 unit.

Kemudian Puskesmas Kradenan I 3 unit, Gabus I 2 unit, Gabus II 2 unit, Ngaringan 2 unit, Wirosari I 3 unit, Wirosari II 2 unit, Tawangharjo 2 unit, Grobogan 2 unit, Purwodadi II 2 unit, Brati 2 unit, Klambu 2 unit, Godong I 1 unit, Godong II 2 unit, Gubug I 2 unit, Gubug II 2 unit, dan Tegowanu 2 unit.

Dengan adanya puskesmas keliling menggunakan ambulans motor ini diharapkan warga bisa dapat terbantu dan lebih mudah dalam mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post 3 Orang Merapat ke Nasdem Nyalon Bupati Pati
Next post 4 Rumah di Winong Terbakar Hebat, Kandang dan Kambing Ikut Terpanggang
Social profiles