DPRD Pati Dorong Pemkab Kolaborasi Daerah Lain Atasi Banjir Tahunan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setiap musim penghujan datang puluhan desa di Kabupaten Pati selalu direndam banjir. Hal itu lantaran intensitas curah hujan yang tinggi ditambah lagi dengan daerah resapan air yang tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Di samping itu, banjir ini disebabkan dari saluran air atau drainase yang tak berfungsi dengan baik, sungai mengalami pendangkalan tak mampu menampung debit air yang tinggi.

Banjir merendam pemukiman rumah penduduk, fasilitas umum, hingga tanaman milik petani.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sri Endah wahyuningati mengatakan banjir merupakan bencana tahunan di Pati. Bencana ini harus menjadi prioritas daerah untuk segera ditangani.

Menurutnya untuk mengatasi persoalan bencana banjir tahunan ini, Pemkab Pati harus berkolaborasi dengan kabupaten tetangga. Karena ada membutuhkan penanganan yang menyeluruh.

“Menangani banjir di Pati, pemerintah harus berkomunikasi serta menggandeng kabupaten lain. Karena banjir ini juga ada pengaruh dari daerah lain,” ungkapnya.

Lanjut anggota Komisi D DPRD Pati itu, sungai melintasi sejumlah daerah. Dengan begitu penanganan banjir juga harus dimulai dari hulu hingga hilir.

“Dengan begitu banjir bisa ditangani secara serius. Maka penyelesaian dari hulu hingga sungai di beberapa daerah ini diharapkan mampu mengatasi banjir di Kabupaten Pati,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Ajak Masyarakat Hijaukan Pegunungan Kendeng
Next post Legislatif Usul Pemkab Pati Penanggulangan Bencana agar Ditingkatkan
Social profiles