Dewan Harap Petani Dapat Pendampingan yang Lebih Intens

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno menyatakan petani harus diberi pendampingan dari instansi terkait seperti tenaga penyuluh.

Menurutnya, Dinas Pertanian (Dispertan) harus memberikan pendampingan kepada para petani di Pati. Dalam hal ini dimaksudkan guna meningkatkan kualitas hasil pertanian.

“Ini urusan dengan teknis, sementara dinas teknis itu Dinas Pertanian. Maka dalam hal ini supaya benar-benar di tingkat petani sendiri memang harus ada pembinaan, pendampingan, penyuluhan yang lebih intens,” katanya.

Anggota Komisi B DPRD Pati itu menyatakan pendampingan intens bagi petani diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Pati semakin maju. Produksi hasil pertanian juga semakin meningkat dan membawa dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Politisi dari fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengungkapkan dinas terkait harus aktif memberikan informasi pertanian. Di antaranya mengenai indeks harga pertanian.

Tujuannya adalah supaya dengan akses informasi ini mampu memberikan kondisi pertanian, komoditas, masa panen, hingga distribusi hasil pertanian.

“Pendampingan termasuk memberikan informasi segala sesuatu tentang pertanian, harga-harga pada saat tinggi maupun pada saat turun. Informasi daerah mana yang sudah produksi dan baru tanam untuk menghindari penurunan harga,” tandas dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Beberkan Penyebab Menurunnya Harga Gabah di Pati
Next post Dewan Harap OPD Tak Alergi dengan Kritik
Social profiles