Desa Karangsari Gelar Sedekah Bumi, Warga Iring-iringan Jembul

SAMIN-NEWS.com, PATI – Desa Karangsari menggelar sedekah bumi Selasa (21/5/2024). Kegiatannya sudah dimulai sejak kemarin dengan acara selamatan doa bersama di punden desa setempat. Serta puncaknya ada iring-iringan jembul.

Kepala Desa Karangsari, Asroruddin mengatakan warga sangat antusias mengikuti selamatan sedekah bumi Desa Karangsari.

“Perayaan sedekah bumi rutin kita lakukan setiap tahun bulan Apit yang dirayakan oleh semua masyarakat Desa Karangsari. Melaksanakan tradisi khas desa Karangsari harus kita lestarikan,” katanya.

Dirinya menjelaskan rangkaian acara sedekah bumi dimulai hari Senin (20/5) kemarin yaitu selamatan di dua punden desa setempat, tayuban, serta makan bersama.

Kemudian dilanjutkan hari kedua ini yakni karnaval mengiring Jembul (gunungan hasil bumi) yang dilakukan oleh setiap dukuh. Sementara ada empat dukuh di Desa Karangsari, mulai Dukuh Cluwak, Gibing, Godang serta Dukuh Sayang.

Jembul diarak dari masing-masing dukuh yang berisi berbagai hasil panen bumi seperti singkong, pisang, ketan hingga sejumlah makanan buatan.

Menurutnya pelaksanaan sedekah bumi yang tiap tahun diperingati ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang melimpah. Mayoritas masyarakat Desa Karangsari berprofesi sebagai petani. Sedekah bumi sesuai namanya yaitu menyedakahkan hasil bumi.

“Sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelimpahan rizki kepada kita semua khususnya warga Karangsari,” ungkapnya.

Kades berharap masyarakatnya melimpah rizkinya, perayaan sedekah bumi di tahun yang akan bisa lebih meriah lagi, dan semua masyarakatnya rukun tentram.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post PPP Pati Hendaki Calon Bupati dari Nahdhiyin
Next post DPRD Pati Dorong Ciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak
Social profiles