Harap Bantuan Tunai Desa Tepat Sasaran

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati berharap program Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) dapat dimanfaatkan betul-betul oleh yang membutuhkan. Sehingga diharapkan penerima bansos ini tepat sasaran.

Anggota DPRD Pati, Bambang Susilo mengatakan peruntukan DD salah satunya adalah program BLT DD. Bansos ini dimaksudkan untuk mendukung kebijakan nasional pengentasan kemiskinan ekstrim di tingkat pemerintah desa sebagai aparatur yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

“BLT DD kami berharap disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan diberikan secara tepat sasaran. Apalagi bansos ini rentan memicu kecemburuan sosial sesama masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan penentuan calon keluarga penerima manfaat (KPM) dilakukan melalui mekanisme yang telah diatur yakni dengan musyawarah desa. Kriterianya mulai masyarakat miskin, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga difabel/anggota keluarga rentan kronis, belum mendapat bansos lain, serta rumah tangga tunggal lansia.

Karena bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan, sehingga diharapkan bansos ini digunakan sebaik mungkin untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat.

“Semoga bantuan itu meringankan beban masyarakat yang menerima. Jadi jangan dibelanjakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat tetapi untuk yang jadi kebutuhan,” tandasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post DPRD Pati Gelar Rapat Paripurna Pembahasan Kelanjutan Raperda Pertanian
Next post DPRD Harap Infrastruktur Objek Wisata Diperhatikan
Social profiles