Dewan Dorong Kemajuan Sektor Peternakan

SAMIN-NEWS.com, PATI -Wilayah Kabupaten Pati yang masih kaya akan hutan masyarakat dinilai menjadi potensi tersendiri untuk kemajuan di sektor peternakan. Hal ini harus dimanfaatkan untuk pengembangan peternakan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso menyatakan kondisi iklim dan cuaca di Pati sangat cocok untuk sektor peternakan. Menurutnya sektor peternakan bisa memberikan keuntungan yang besar terhadap pemiliknya.

Ia menyebut teknologi buatan saat ini bisa mendukung usaha peternakan, salah satunya yakni mengolah pakan dengan cara fermentasi. Cara tersebut dianggap mampu meminimalisir resiko serta membuat pakan lebih tahan lama.

“Beternak domba dan kambing tetapi tanpa merumput. Yaitu kita buat teknologi supaya mereka bisa meminimalisir resiko, kerjanya lebih pintar, pakan hijauan dapat digunakan untuk beberapa hari tanpa membusuk,” ungkap dia.

Selain sektor pertanian, kata dia sektor peternakan adalah sektor yang tak bisa dianggap remeh dan harus menjadi perhatian pemerintah. Oleh karena itu, pihaknya mendorong Dinas Pertanian (Dispertan) selaku instansi terkait getol terhadap program ini.

Di samping itu, anggota dewan dari PKS itu juga mengajak untuk melakukan urban farming. Yakni memanfaatkan lahan sempit namun bisa diolah agar menghasilkan.

‚ÄúTetapi di beberapa tempat ada namanya urban farming, itu di perkotaan. Tetapi kalau di Pati saya belum lihat. Namun pada intinya harus ada komitmen dari pemerintah, ada stimulus dari pemerintah supaya generasi muda ini mau masuk ke sektor peternakan,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemerintah Diminta Tegas Tertibkan Karaoke Ilegal
Next post Dewan Pimpin Audiensi soal Keterlambatan Bonus Pelatih Porprov
Social profiles