4 Skill Barista Profesional, Tidak Sekadar Good Looking!

SAMIN-NEWS.com, Sejak dulu kopi hanya dinikmati dengan menyeduhnya sendiri dirumah.

Jaman sekarang para penggemar kopi sudah memiliki tempat seperti  coffee shop dan kedai, umumnya sembari meluangkan waktu bersantai, ngobrol ataupun kerja remot.

Melejitnya budaya meminum kopi di coffee shop otomatis membuahkan banyaknya permintaan profesi menjadi seorang barista.

Sebagai rantai terakhir kepada konsumen, barista memiliki peran yang vital bagi penentuan cit rasa kopi yang disuguhkan.

“ Sepanjang kopi masih ada di muka bumi, kebutuhan pasar mencari barista profesional akan tetap ada. Maka, tidak perlu terlalu cemas dan ragu untuk mengambil keputusan dan terjun kedalam sektor bisnis yang akan terus tumbuh ini,” kata Hafizh Qurrata,

Ada 4 softskill dan hardskill yang wajib dimiliki barista profesional seperti yang disebutkan oleh Hafizh, seperti berikut ini:

  1. Memiliki pemahaman mengenai karakter biji kopi

Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya raya sebagai pemasok kopi terbanyak di dunia.

Berbagai macam jenis biji kopi Indonesia telah dikenal di kancah Internasional, seperti kopi aceh gayo, kintamani, dan Toraja.

  1. Mengerti dan menguasai teknik dan alat membuat kopi

Mengerti fungsi peralatan kopi merupakan syarat sebelum seorang barista profesinal menguasai teknik-teknik seperti grinding, burring, dosing, tamping dan kalibrasi.

Tak sekadar hal tersebut, barista juga dituntut untuk mesin modern espresso supaya dapat menyuguhkan kopi paripurna bagi para pelanggan.

Jadi barista juga mau tidak mau harus bisa menguasai teknik dan fungsi agar mampu menghadirkan rasa asli dan penampilan minuman yang menarik pembeli.

  1. Komunikasi dan pelayanan

Seperti pelayanan jasa yang lain, sangat penting bagi barista profesional untuk memiliki kelihaian dalam berkomunikasi dan melayani dengan baik para pelanggannya.

Acap kali mayoritas orang hanya memandang kemampuan teknis seorang pembuat kopi, padahal barista keramahan, terbuka, dan mengesankan. Secara alami costumer akan lebih mengenang dan berkunjung kembali.

  1. Memiliki naluri untuk selalu menjaga kebersihan

Barista profesional wajib memiliki naluri untuk selalu menjaga kebesihan tempat kerja dan mesin kopi

Lantaran ketika mesin kopi di wilayah area brewing tidak steril akan mengakibatkan perubahan kualitas kopi dan merusak cita rasanya.

Kebersihan yang dimaksud tidak hanya sekadar me-lap atau mencuci, tetapi ada teknik sterilisai khusu yang perli dipahami

Jadi, dalam training barista, umumnya ada beberapa materi mengenai standar kebersihan ala barista, teknik membersihkan grinder sampai daily maintenance mesin espresso. (SN)

Penulis : Yunior Dhian Bagaskara
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Spot Favorit Mahasiswa Berkumpul, East Side Coffee & Eatery
Next post Peringati HKBN, BPBD Grobogan Adakan Simulasi Penanganan Bencana Banjir
Social profiles