Pameran Bonsai Nasional di Grobogan, Ratusan Bonsai Cantik dan Mahal Dipamerkan

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Pameran nasional bonsai digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Grobogan di halaman Gedung Serbaguna (GSG) di Danyang, Purwodadi, Grobogan.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Grobogan ini akan berlangsung sampai tanggal 26 Maret 2024.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Grobogan ini ditampilkan 755 bonsai.

Pembina PPBI Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady didampingi Ketua PPBI Grobogan Diharto mengatakan, peserta pameran berasal dari bernagai daerah. Terjauh berasal dari NTT.

Ada peserta dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Jumlah peserta menurut Kukuh sebenarnya bisa lebih dari itu, seandainya tidak banjir.

“Proses penilaian dilakukan selama 3 hari oleh 6 juri sejak 18 hingga 21 Maret 2024 pagi dan sorenya dibuka Bupati Grobogan. Selama penilaian tidak boleh ada pengunjung masuk,” ucapnya.

Kukuh mengatakan, ada 4 kategori yang diikuti para peserta. Prospek, pratama, madya dan utama. Untuk bisa mengikuti kelas-kelas tersebut ada tahapan yang harus ditempuh peserta.

Penilaiannya, kata Diharto, mulai dari akar sebagai penunjang kehidupan, anatomi bonsai yang proposional, keindahan, dan penampilan.

Selain lomba, dalam kegiatan pameran ini juga ada sharing ilmu. Seperti cara membuat bonsai lebih indah, juga budi daya dan mendorong ekonomi kreatif.

Fanaman yang digunakan untuk bonsai sebagai besar merupakan tanaman yang langka.

Mengenai harga tanaman bonsai, mulai dari puluhan ribu rupiah, puluhan jutaan, ratusan juta.

“Bagi yang berminat membeli bisa juga bertransaksi di kegiatan ini. Ada juga sejumlah stand yang menjual bonsai dan perlengkapan pendukungnya. Pameran digelar hingga 26 Maret 2024,” tambahnya. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Dies Natalis ke-70: GMNI Pati Gelar Aksi Sosial, Bagikan 100 Paket Takjil di Alun-Alun Pati
Next post Ruang Kelas SDN 1 Pangkalan Roboh, Atap Telah Lapuk Dimakan Rayap
Social profiles