Momentum Ramadan, Tahanan di Grobogan Diajak Bukber

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Tahanan adalah orang yang sedang menjalani hukuman untuk menanggung perbuatan negatif yang telah dilakukan. Namun demikian, para tahanan ini harus tetap dimanusiakan.

Memanfaatkan momen buka puasa, memanusiakan para tahanan dilakukan Polres Grobogan dengan menggelar kegiatan Rambat (Ramadhan bareng tahanan) di rutan Polres Grobogan pada Rabu (20/3/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan tersebut diikuti sejumlah pejabat utama Polres Grobogan dan 15 orang tahanan.

Dalam kegiatan itu, para tahanan diberikan tausiah oleh Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Grobogan Ipda Moch. Agus Salim. Setelah tausiah, kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan salat Maghrib berjamaah.

Ramadan ini, diharapkan menjadi momentum titik balik bagi para tahanan untuk merenungkan segala perbuatan yang telah dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menyadarkan para tahanan agar bisa kembali ke jalan yang benar setelah keluar dari rutan nantinya.

Kapolres Grobogan mengatakan orang yang masuk di rumah tahanan ini, sudah menjadi salah satu dari keluarga besar Polres Grobogan.

“Artinya, keluh kesah apapun yang ada di rumah tahanan ini menjadi tanggung jawab Polres Grobogan. Apapun yang dibutuhkan para tahanan harus dipenuhi untuk kelancaran dalam melaksanakan masa tahanan di Polres Grobogan,” kata Kapolres Grobogan.

Disampaikan AKBP Dedy Anung Kurniawan, bahwa saat ini hanya merupakan salah satu fase dalam kehidupan para tahanan.

“Mudah-mudahan setelah dari sini dapat menyadarkan para tahanan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ujar AKBP Dedy Anung Kurniawan.

“Saya yakin dan percaya, pasti ada hikmah dibalik semua peristiwa dalam hidup kita. Mudah-mudahan, kedepannya kita menjadi lebih mulya. Karena disini para tahanan akan lebih banyak kesempatan untuk berdoa, beribadah, membaca Al Qur’an dan sebagainya,” imbuh Kapolres Grobogan.

AKBP Dedy Anung Kurniawan mengungkapkan, selama ini pihaknya juga telah memperhatikan ruang tahanan agar para tahanan merasakan kenyamanan.

“Alhamdulillah ini sudah bersih, sudah rapi. Tolong dijaga kebersihan dan kerapihannya. Tetap melaksanakan olahraga walaupun hanya sebentar, sehingga para tahanan tetap terjaga kesehatannya,” pungkasnya. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Angin Kencang Rusak Puluhan Bangunan Rumah, Fasum, hingga Sekolah di Kertomulyo Trangkil
Next post Gas Alami Kelangkaan, Tabung Gas Milik Pedagang Pecel Dicuri
Social profiles