Kemiskinan Ekstrim di Pati 3 Ribu Keluarga

SAMIN-NEWS.com, PATI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berupaya berbagai cara untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim di daerah. Untuk saat ini kemiskinan ekstrim di Pati jumlahnya 3 ribu lebih.

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan angka kemiskinan ekstrim ada 3 ribu lebih. Pemkab menargetkan kemiskinan ekstrim di Pati bisa ditekan hingga 0 persen pada tahun 2024.

Ia menyebut kemiskinan ekstrim di Pati saat ini dihitung masih ada 0,35 persen dari total jumlah penduduk.

“Berdasarkan verifikasi terakhir angkanya cendereng menurun dan terakhir posisinya masih di angka 3 ribuan,” ucapnya saat kegiatan Rakor Penanganan Kemiskinan dan Kemiskinan Ekstrim, Senin (4/3/2024).

Menurutnya kemiskinan ekstrim di Pati selalu menurun tiap tahun. Pada tahun 2022 tembus 10.247 keluarga, lalu tahun 2023 merosot 3.659. Ada penurunan sejumlah 6.588 keluarga.

Ia mengatakan untuk mencapai target 0 persen kemiskinan ekstrim adalah sesuatu yang tidak mudah. Sehingga untuk mewujudkan itu, pihaknya berharap semua instansi dan OPD bekerjasama dengan mitra pembangunan mengentaskan kemiskinan.

Sedangkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati, Muhtar menambahkan bahwa tiap OPD diberi kewajiban untuk mendampingi satu wilayah sebagai dampingan.

“Tiap OPD menangani kemiskinan ekstrim di wilayah kecamatan dampingan masing-masing. Saling berlomba dalam kebaikan. Itu cukup efektif mempercepat penanganan kemiskinan,” sebutnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Puluhan Warga Kosekan Berunjukrasa Menuntut Pecat Oknum Perangkat Desa
Next post Dinsos Sebut Data Bansos Tidak Valid
Social profiles