Dewan Pati Dukung Pembangunan Kota Layak Anak

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tahun 2023 kemarin mendapat predikat Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Raihan itu diraih setelah menunggu cukup lama yakni 7 tahun sejak 2016 meraih predikat pratama.

Kabupatan Layak Anak ini merupakan suatu sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak-hak anak serta upaya perlindungan terhadap anak. Sistem tersebut dijalankan secara terencana, menyeluruh berbagai aspek, hingga berkelanjutan.

Merespon hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengapresiasi prestasi yang diraih daerah. Sebab telah meningkatkan KLA pratama menjadi madya. Oleh karena itu, hal ini diharapkan menjadi motivasi besar agar terus melakukan pembangunan yang berpihak pada anak.

“Kami mendukung pemerintah kabupaten Pati supaya lebih besar memperhatikan memenuhi serta menjamin hak anak-anak,” ujar anggota DPRD Pati, Muntamah.

Penetapan KLA didasarkan pada komitmen bersama pelaksanaan pembangunan yang punya orientasi pemenuhan hak anak. Semua pihak turut serta menciptakan ruang yang ramah bagi mereka. Di antaranya pemerintah, swasta, hingga masyarakat.

Tanpa partisipasi dan ketertiban semua unsur itu, predikat KLA tidak bisa dicapai. Kemudian, ketepatan dan kecepatan terhadap upaya penanganan kasus yang terjadi. Sehingga ia berharap kasus-kasus yang menimpa anak, seperti kekerasan, pelecehan hingga kasus bullying bisa ditekan bahkan tak terjadi.

“Semoga ke depan Pati semakin bersih tidak ada kekerasan terhadap anak dan tidak ada anak yang menjadi korban bully,” tambahnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post PKL Bikin Parkir Semrawut dan Macet, Begini Respon Dewan
Next post Masyarakat Dilarang Beli Rokok Tanpa Cukai
Social profiles