Dewan Ingatkan jangan Sampai Lahan Hijau jadi Pemukiman

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin menyinggung permasalahan penataan ruang wilayah di Pati. Dia mengingatkan jangan sampai menabrak aturan hingga alih fungsi lahan.

Menurut dia perizinan pembangunan pemukiman di lahan terbuka hijau masih didapati di Kabupaten Pati.

Sehingga hal ini ia meminta jangan sampai kasus semacam itu dibiarkan maka harus menjadi perhatian bersama.

“Kami menyoroti terkait dengan perizinan di Kecamatan Pati jangan sampai lahan terbuka hijau berubah jadi lahan pemukiman. Nah di Kecamatan Pati masih ada hal-hal seperti itu,” ujar Ali.

Terkait dengan penataan tata ruang wilayah dia juga menyoroti persoalan mulai dari Lahan Sawah Dilindungi (LSD), Lahan Terbuka Hijau, Kawasan Peruntukan Industri (KPI), hingga persoalan banjir akibat pemukiman yang menabrak aturan. Kata dia ini acap kali terjadi di wilayah Kecamatan Pati.

“Permasalahan di Kecamatan Pati adalah yang saat ini perlu diperhatikan, apalagi terkait lahan sawah yang dilindungi (LSD). Mmasih adanya LSD di kawasan non KPI dan kawasan permukiman,” imbuhnya.

Dirinya mengakui meski iklim investasi di Kabupaten Pati saat ini cukup meningkat, akan tetapi diharapkan sektor ketahanan pangan dan iklim investasi itu bisa berjalan secara profesional yakni beriringan sebagaimana yang telah direncanakan dalam Perda RTRW. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Anggota DPRD Pati Dukung Petani Gunakan Pupuk Organik
Next post Angin Kencang Rusak Puluhan Bangunan Rumah, Fasum, hingga Sekolah di Kertomulyo Trangkil
Social profiles