Cegah Banjir, Warga Godong Tinggikan Tanggul dengan Zak di Isi Tanah

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Bencana banjir yang terjadi akibat luapan air Sungai Lusi dan Bendung Klambu Kiri, menyebabkan ratusan rumah warga di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan terendam air.

Untuk meminimalkan dampak banjir, gabungan anggota TNI, Polri dan Pemerintah Desa Jatilor Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan melaksanakan kegiatan kerja bakti meninggikan tanggul pada Sabtu (16/3/2024).

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah luapan air Sungai Lusi masuk ke area persawahan warga. Sebab, saat ini sawah seluas ratusan hektar milik warga tengah ditanami padi dan bawang merah.

Kapolsek Godong Polres Grobogan AKP Bambang Jumena mengatakan, kegiatan tersebut juga melibatkan petani dan warga yang tinggal di sekitar tanggul Bendung Klambu Kiri.

‘’Kegiatan ini dilakukan untuk penguatan serta peninggian tanggul. Selain itu juga sebagai upaya antisipasi terjadinya tanggul jebol,’’ kata Kapolsek.

AKP Bambang Jumena mengungkapkan, peninggian tanggul tersebut dilakukan dengan menggunakan zak bantuan BPBD Grobogan yang diisi tanah.

“Dengan ditinggikannya tanggul ini, harapannya menjadi lebih kuat sehingga apabila debit air mengalami kenaikan, tanggul ini dapat menahan air dan tidak melimpas ke persawahan warga,” ucap AKP Bambang Jumena.

Kapolsek Godong menambahkan, selain di Desa Jatilor peninggian tanggul juga dilakukan di Desa Bringin Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.

Semua titik lokasi yang berpotensi menimbulkan kerawanan, sedini mungkin dilakukan langkah antisipasi.

“Langkah ini kami lakukan untuk menekan dampak bencana alam yang terjadi di wilayah Polsek Godong Polres Grobogan,” pungkas Kapolsek Godong.(RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Singgung Soal Penanganan Banjir, Dewan Minta OPD Harus Saling Koordinasi
Next post Grobogan Masih Banjir, Sekolah Laksanakan STS Secara Daring
Social profiles