Awal Tahun Kasus DB di Pati Tinggi, 1 Meninggal

SAMIN-NEWS.com, PATI – Awal tahun 2024 yang saat ini masih terhitung musim hujan, jumlah kasus Demam Berdarah atau DB di Pati tinggi. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati hingga akhir Februari terdapat 92 kasus.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pati Joko Leksono Widodo, mengatakan kasus DB saat musim hujan mengalami kenaikan.

“Data yang kami peroleh di tahun-tahun kemarin itu mengalami lonjakan saat musim hujan ada di Desember sampai Januari puncaknya,” kata Joko, belum lama ini.

Dari puluhan kasus DB di Pati, 1 di antaranya meninggal dunia. Kasus DB paling banyak disebut terjadi di Kecamatan Pati yakni 13 kasus. Tingginya kasus di wilayah Kecamatan Pati ia menyampaikan dipengaruhi kepadatan penduduk.

Joko menyampaikan tingginya kasus DB juga dialami oleh Kabupaten Jepara. Menurutnya pada awal tahun ini saja kasus meninggal mencapai 8 orang.

Kasus DB diprediksi masih akan terus ada sampai beberapa bulan ke depan. Pihaknya mengatakan kasus DB akan turun bertahap hingga bulan Agustus nanti.

“Saat ini kasus DBD sudah mulai turun. Diperkirakan akan terus turun hingga bulan Agustus. Akan merosot April menginjak di bulan Mei kasusnya semakin turun, bahkan Agustus hampir tidak ada kasus,” bebernya.

Dirinya menyampaikan bahwa Dinkes akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan DB, yaitu mengajak masyarakat melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“PSN untuk antisipasi kenaikan kasus lagi. PSN itu lebih efektif dibanding dengan fogging. Sebab PSN itu dapat memberantas hingga telur nyamuk. Sedangkan foging itu hanya membunuh nyamuk dewasa saja,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Warga Buru 3 Ribu Paket Sembako Murah
Next post Anak-anak di Jakenan Diedukasi Soal Kesadaran Menjaga Air
Social profiles