Penurunan APK di Kabupaten Grobogan, 18 Titik Membutuhkan Alat Crane

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Seluruh alat peraga kampanye (APK) diturunkan Bawaslu Grobogan pada Minggu (11/2/2024).

Hal ini dikarenakan telah memasuki hari tenang. Penurunan APK di seluruh wilayah kabupaten ini melibatkan stakeholder terkait seperti KPU, Satpol PP, kepolisian serta Dinas Perhubungan (Dishub).

Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti menjelaskan bahwa berdasarkan regulasi, penertiiban APK paling lambat pada 13 Februari 2024, atau sehari sebelum coblosan. Namun, dia menargetkan seluruh APK bisa diturunkan pada hari ini.

”Penertiban paling lambat sehari sebelum pemungutan suara. Tapi harapkan hari ini pembersihan APK selesai,” jelasnya.

Setelah diinvertarisir terdapat 18 titik APK yang membutuhkan alat crane.

”Untuk di Kota Purwodadi, dari inventarisir kami ada banyak APK. Tapi untuk reklame yang membutuhkan alat berupa crane, ada 18 titik yang hari ini kita tertibkan. Antara lain di Jalan Ahmad Yani, Jalan S Parman, dan Jalan Gajah Mada,” jelasnya.

Fitri mengatakan APK-APK itu nantinya untuk sementara akan dibawa ke kantor Bawaslu.

Pada masa tenang 11-13 Februari 2024 ini diharapkan para peserta Pemilu menaati regulasi. Kemudian, dia juga berharap agar para pemilih menggunakan hak suaranya.

”Kami juga berharap para petugas bekerja secara profesional sehingga Pemilu 2024 dapat terselenggara secara jurdil dan sesuai ketentuan,” paparnya.

Sebelumnya, Fitria mengaakan, selama masa kampanye sejak November 2023 lalu hingga kampanye terakhir pada Sabtu kemarin pihaknya mencatat ada ratusan kegiatan kampanye.

Rinciannya, 220 kegiatan kampanye pertemuan terbatas, dua kegiatan tatap muka, 30 kegiatan lainnya, dan dua kegiatan rapat umum.

Dalam masa itu, pihaknya juga meregister satu pelanggaran pidana pemilu, dan dua pelanggaran administratif. Pelanggaran pidana yang dimaksud yakni terkait kampanye di instansi pendidikan.

Selain itu, pihaknya sudah dua kali melakukan penertiban APK melanggar. Total APK yang ditertibkan yakni sebanyak 4300 APK.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Apel Siaga, Pengawas TPS Diminta Awasi Pemilu Berjalan Demokratis
Next post PPK dan PPS se-Jaken Gelar Selamatan Pemilu 2024
Social profiles