Pemilu Tinggal Hitungan Hari, 6 Ribu Lebih Pemilih Pemula Belum Rekam e-KTP

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemilihan Umum (Pemilu) tinggal menghitung hari, namun terdapat lebih dari 6 ribu pemilih pemula di Kabupaten Pati yang belum mempunyai KTP elektronik (e-KTP).

Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) per awal Februari 2024, mencatat ada 6.465 pemilih pemula belum terekam e-KTP. Disebutkan pemilih pemula di Pati sebanyak 21 ribu.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pati, Ahmad Adrik Yusri, mengatakan pihaknya masih menunggu regulasi terbaru untuk menampung pemilih pemula yang belum rekam e-KTP ini.

Menurutnya biasanya dua hari menjelang Pemilu, mereka menerima C6 pemberitaan. Itu bisa menjadi data untuk melakukan pemilihan dengan syarat data pendukung Kartu Keluarga (KK).

“Tapi sampai saat ini regulasi ketentuan KK ini belum diterima. Maka kami menunggu untuk pemilih yang belum memiliki KTP elektronik,” katanya.

Ia menjelaskan ada 3 kategori pemilih, yaitu pemilih yang masuk kategori Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) serta Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Sementara itu, Ketua KPU Pati Supriyanto sebelumnya mengatakan pemilih pemula masih ada yang belum perekaman. Karena itu berhubungan dengan Dinas Capil untuk melakukan melakukan perekaman.

“Targetnya adalah harapannya semua yang punya hak pilih usia 17 tahun hari H pencoblosan sudah perekaman bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sabar, Drainase Jalan Bondol-Gunungwungkal Dibangun Usai Musim Hujan
Next post Banjir Terjadi di Gubug Grobogan, Tujuh Rumah Dilaporkan Hanyut Terbawa Arus
Social profiles