Disdikbud Pati Persiapan Lomba Jenjang SMP

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati mempersiapkan untuk pelaksanaan sejumlah lomba bagi siswa jenjang SMP. Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMP, Fauzin Futiarso.

Fauzin menyebut untuk saat ini pihaknya baru mempersiapkan orang-orangnya yang nantinya akan mengikuti lomba. Sementara lainnya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendidikan.

“Saat ini baru persiapan, nunggu juknis dari Kementerian. Kami sudah menyiapkan orang-orangnya, ketika suratnya keluar nanti tinggal jalan,” kata Fauzin di kantornya, Kamis (1/2/2024).

Ia merinci terdapat beberapa lomba yang akan diikuti SMP dari Kabupaten Pati, mulai sains, riset, olahraga, hingga kesenian.

Lomba tersebut antara lain, Olimpiade Penelitian Siswa (Opsi) yaitu penelitian siswa dengan bimbingan guru, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yakni mencari potensi di bidang olahraga, Olimpiade Sains Nasional (O2SN).

Kemudian, Gala Siswa Indonesia (GSI) tentang lomba sepakbola, FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) di dalamnya nyanyi, nari dan kesenian, serta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)

“Lomba-lomba itu berjenjang mulai kabupatan sampai nasional, ini program kementerian tiap kabupaten ada. Sedangkan waktu pelaksanaan diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret nanti,” ucap Fauzin.

Pihaknya belum bisa memastikan lokasi tiap perlombaan. Karena, kata dia lokasi mempertimbangkan tempat parkir memadai, fasilitas pendukungnya ada, hingga aula.

Hanya saja, ia optimis Kabupaten Pati akan mempunyai delegasi nanti di tingkat nasional dari bidang kesenian.

“Potensi unggulan yang jadi andalan dari Kabupaten Pati itu kesenian. Ada siswa dari Kayen yang pinter dalang. Termasuk targetnya ketoprak bisa tembus nasional,” tutupnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post KPU Petakan 6 Kecamatan di Pati Rawan Banjir saat Pemilu
Next post Peserta Kampanye Prabowo-Gibran Diminta tak Pakai Knalpot Brong
Social profiles