Ribuan Pengawas TPS Grobogan Dilantik di Kecamatan Setempat

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Ribuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Grobogan resmi di lantik, Minggu (21/1/2024). 2.889 Pengawas TPS dari 11 kecamatan dilantik di kecamatan setempat.

Rencananya, delapan kecamatan lainnya menggelar pelantikan Pengawas TPS pada Senin 22 Januari 2024. Total Pengawas TPS se-Grobogan adalah 4.657 pengawas.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti saat menghadiri pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Godong mengucapkan selamat kepada Pengawas TPS terlantik.

Dia menegaskan Pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan.

“Kami sampaikan selamat atas dilantiknya teman-teman semua. Kita ketahui bahwa Pengawas TPS merupakan garda terdepan pengawas. Apresiasi kami ucapkan kepada seluruh pendaftar akhirnya terpilih sebagai Pengawas TPS,” tutur Fitri.

Dia menjelaskan agar Pengawas TPS menyampaikan laporan jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

“Saat ini yang terdekat pemetaan lokasi TPS, hari ini KPPS akan membentuk TPS, kita ketahui bersama TPS harus ramah disabilitas. Selanjutnya, fokus pengawasan teman-teman nanti di pemungutan suara. Laporkan kepada Panwaslu Kecamatan atau Bawaslu jika teman-teman menemukan dugaan pelanggaran,” imbuhnya.

Setelah dilantik Pengawas TPS langsung dibekali beberapa materi untuk persiapan pengawasan oleh Panwaslu Kecamatan setempat. Salah satu di antaranya mengenai penggunaan aplikasi SIWASLU.

Sebagai informasi aplikasi SIWASLU nantinya akan digunakan pengawas untuk rekap cepat pada saat pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Adakan Nobar Debat Cawapres, Progresif Yakin Dukungan Masyarakat untuk Ganjar-Mahfud Semakin Kuat
Next post Cegah Abrasi, IMP Tanam 1000 Mangrove di Pantai Pangkalan
Social profiles